Home » Wajib Tahu! Ini 4 Pantai di Jogja Yang Cocok Untuk Menikmati Sunrise

Rekomendasi Pantai Sunrise di Jogja – Pantai di Jogja memang ngga pernah selesai klo mau dibahas satu per satu., ada banyak sekali pantai di Jogja dengan karakteristiknya masing-masing yang menurut Mimin wajib dikunjungi semua 😂

Salah satu yang banyak dicari adalah pantai pantai dengan keindahan sunrisenya, menikmati suasana pagi pantai dengan disambut sunrise akan memberikan kenangan manis dan indah yang sulit dilupakan, apalagi menikmatinya bareng pasangan ❤️ kali ini mimin Uvi punya segudang rekomendasi pantai sunrise buat kalian, yuk kepoin artikelnya yaaaa

Daftar Pantai Sunrise Jogja Yang Cocok Dinikmati Bareng Keluarga Dan Pasangan

Biasanya untuk menikmati sunrise di pantai emang butuh effort lebih, karena kejar-kejaran dengan matahari. Apakah kita bisa sampai ke pantai duluan atau malah matahari udah nongol duluan, duh sayang ya klo telat pasti.

Tapi bagi sebagian orang ada yang sampai rela menginap di pantai dari sore hari sebelumnya untuk bisa menikmati sunrise dengan tenang. Biar makin seru biasanya mereka sekalian ngadain acara spesial malam hari kayak BBQan bareng. Kayaknya bisa juga tuh Ubu Lovers nyobain buat acara kayak gitu yaa.

Apapun itu yang kalian coba nanti, pastikan semua persiapan dari bekal dan alat-alat lengkap yaa, jangan ada yang ketinggalan karena paginya kalian harus siap segar menyambut sinar matahari yang perlahan menyinari pagi dengan keindahannya yang sangat eksotis.

Langsung aja mimin kasih rekomendasi pantai dengan sunrise eksotis di Jogja yaaa ❤️

Pantai Sundak: Rekomendasi pantai pasir putih di Jogja

Rekomendasi pantai sunrise Jogja yang Mimin UVI kasih di urutan pertama adalah pantai Sundak. Pantai ini mempunyai ciri khas warna pasirnya yang putih dengan area bibir pantai yang cukup luas.

Kalian bisa menghabiskan banyak aktivitas di malam hari sembari menunggu waktu pagi atau juga beraktivitas di pagi harinya setelah menikmati sunrise.

Sumpah cakep banget ini mah sunrisenya (sumber-papabackpacker)

Banyaknya batu karang yang ada di pantai juga bakal menambah keindahan dan keeksotisan pantai Sundak ini, pasalnya cahaya sunrise yang perlahan muncul akan menerobos celah-celah karang yang memberikan kesan sangaaat cantik.

Dijamin deh pantai satu ini wajib kalian datangi klo ingin nyari sunrise di Jogja. Oiya kalau kalian yang datang dari luar kota ingin menikmati keindahan sunrise di pantai Sundak. Kalian bisa menginap di hotel yang ada di deket pantai Sundak.

Coba deh Ubu Lovers lihat hasil pencarian mimin di Google dengan kata kunci “sunrise di pantai Sundak”, Google aja udah nyiapin fitur khsusus untuk lihat jam berapa sunrise kira-kira mulai muncul di pantai Sundak karena saking banyaknya yang nyari sunrise di pantai Sundak.

Jadwal sunrise di pantai Sundak tanggal 18 Februari 2023

Pantai Parangtritis: Pantai Ikonik Jogja

Rekomendasi kedua pantai di Jogja yang cocok buat nikmati sunrise selanjutnya adalah pantai Parangtritis, kawasan wisata yang berjarak 30 menit dari kota Jogja ini sangat sempurna untuk menikmati sunrisenya yang sangat romantis.

Pantai Sunrise Jogja
Sunrise di pantai Parangtritis (sumber-Brilio)

Semburat sinar oranye yang berkilauan akan sangat indah dinikmati dengan bersantai bersama pasangan atau keluarga. Kalau pengen tambah nikmat kalian bisa memesan minuman atau snack untuk menemani datangnya gelap malam.

Mengapa Pantai Parangtritis terkenal? Sebelum pantai-pantai di Gunungkidul banyak yang terkenal, pantai Parangtritis ini sangat terkenal karena memang lokasinya yang dekat dengan Malioboro (dibanding pantai Gunungkidul) sehingga wisatawan yang datang dengan bis-bis akan dengan mudah datang ke pantai ini.

Kalau Ubu Lovers mau datang ke pantai Parangtritis, kalian perlu membayar 10k (update awal tahun 2023) untuk harga tiket masuk ke pantai Parangtritis setiap orangnya. Untuk kendaraan akan dikenakan tarif parkir saja.

Selain sunrise, sebenarnya ada banyak sekali aktivitas pantai yang dapat kalian lakukan di pantai Parangtritis, diantaranya:

  • Naik Kuda
  • Naik ATV
  • Bermain layang-layang
  • Surfing
  • Dll

Bagi Ubu Lovers yang mau berkunjung ke pantai Parangtritis, kalian pasti juga riset sebelumnya kalau ada mitos tentang larangan memakai baju berwarna hijau. Bagi yang blom tau menurut legenda pantai Parangtritis ini dikuasai oleh ratu yang dikenal dengan Nyi Roro Kidul.

Salah satunya yang terkenal adalah mitos dilarang mengenakan baju berwarna hijau di pantai Parangtritis ini. Karena menurut legenda pantai Parangtritis dikuasai oleh seorang ratu yang dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul.

Konon katanya bagi mereka yang mengenakan baju hijau saat berwisata ke pantai Parangtritis ini akan menjadi budak Nyi Roro Kidul. Aniwei kalau niatnya tidak macem macem dan menaati peraturan dari pihak pengelola pantai, berwisata di pantai Parangtritis sangat menyenangkan.

Pantai Kesirat: Camping Seru Sambil Menikmati Sunrise

Ada salah satu destinasi pantai di Gunung Kidul dimana kalian bisa menikmati sunrise sambil berkemah malam hari sebelumnya. Yups namanya adalah pantai Kesirat.

Alamat pantai Kesirat berada di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 55872. Kalau kalian ingin datang ke pantai Kesirat kalian perlu menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau motor.

Pantai Sunrise Jogja
Camping di pantai Kesirat menunggu munculnya sunrise pagi hari (sumber-mytrip123)

Pantai Kesirat tidak mempunyai jam operasional resmi atau dari pihak pengelola, artinya kalian bisa datang ke pantai ini kapan pun 24/7. Untuk tiketnya sendiri sangat murah hanya 5k tiap orangnya.

Pastikan tenda camping kalian sudah terpasang sebelum maghrib yaa, atau agak sorean udah selesai karena saat sunset di pantai Kesirat juga jadi salah satu momen yang banyak diburu wisatawan.

Sambil nungguin sunrise besok paginya kamu bisa ngadain acara seru-seruan di atas tebing bareng temen-temen ataupun keluarga, bakar ikan, maen gitar dan banyak ativitas seru lainnya.

Jangan khawatir kalau mau camping di pantai Kesirat ini karena lokasi dan tempatnya yang aman. Suara deburan ombak akan membuat malammu menjadi romantis 😍 Pastinya kemah di pantai Kesirat akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Pantai Krakal: Suara Deburan Ombak Merdu Yang Harmonis

Rekomendasi pantai sunrise Jogja terakhir dari mimin Uvi adalah pantai Krakal, pantai ini terletak di Gunungkidul tepatnya di Kelurahan Ngestirejo Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kalau Ubu Lovers ingin berwisata di pantai Krakal, kalian perlu menempuh waktu perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja.

Pantai Sunrise Jogja
Yoga di pantai Krakal sambil menikmati sunrise (sumber-tripadvisor)

Sesampainya di sana kalian akan mendapati pantai indah yang terbentang luas dengan hiasan ombak bergulung-gulung. Untuk masuk ke area pantai kalian perlu membayar 10k untuk tiap orang.

Menikmati sunrise di pantai Krakal merupakan momen indah yang perlu kalian rasakan, momen indah melihat cahaya perlahan berkilauan di pagi hari adalah saat yang tepat dihabiskan bareng pasangan atau teman-teman.

Pantai Krakal menjadi salah satu rekomendasi yang tepat karena adanya batu karang di sepanjang pantai yang dapat menambah keunikan sunrise yang bisa kalian nikmati di sana.

Wisata ke mana aja, Staycation di Ubu Villa aja

Itulah tadi beberapa rekomendasi pantai sunrise Jogja yang dapat Mimin UVI kasih yaa, kalau kalian lagi ngerencanain liburan ke Jogja untuk maen ke pantai-pantai di atas, Mimin UVI masu kasih rekomendasi juga villa buat nginep.

Namanya Ubu Villa Jogja, villa ini model villa private dengan private pool. Kalau kamu pesan kamu dapat free breakfast untuk 2 orang.

Unit Ubu Villa banyak lebih dari 20 unit dan semuanya punya tema unik yang khas, mulai dari tema modern, tradisional atau tema luar negeri.

Kalau kamu penasaran bisa coba kepoin villanya di website resminya yaa ubuvilla.com ❤️

Tentang Penulis

3 thoughts on “Wajib Tahu! Ini 4 Pantai di Jogja Yang Cocok Untuk Menikmati Sunrise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *