Home » 9 Kuliner di Sekitar Tebing Breksi, Cocok Untuk Wisata Keluarga!

Kuliner di sekitar Tebing Breksi cukup beragam, mulai dari RM & GRIYA Mbah Ijo, Abhayagiri Venue and Dining dan masih banyak lagi, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Mencari tempat makan di dekat Tebing Breksi biasanya dilakukan untuk mencari pengalaman kuliner yang unik. Apalagi setelah menikmati berkeliling tempat bersejarah yang indah ini.

Di lokasi ini, restoran dan kafe yang dikelilingi pemandangan indah menyediakan lebih dari sekadar santapan lezat. Pengunjung bisa menikmati perpaduan cita rasa masakan dan keindahan alam, membuat setiap hidangan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Rekomendasi Kuliner di Sekitar Tebing Breksi

Di sekitar Tebing Breksi, terdapat beberapa alternatif makan yang menjamin pengalaman bersantap. Mulai dari restoran dengan pemandangan tebing yang indah hingga kafe yang menyediakan suasana damai untuk menyaksikan matahari terbenam.

Berikut rekomendasi kuliner di sekitar Tebing Breksi, yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri bagi wisatawan. Diantaranya adalah:

1. Abhayagiri Venue and Dining

Abhayagiri Venue and Dining adalah sebuah restoran yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Restorannya menyajikan makanan Asia, Indonesia, dan internasional, dengan pilihan vegetarian, vegan, halal, dan bebas gluten. Selain itu, kuliner di sekitar Tebing Breksi ini juga menawarkan pemandangan Gunung Merapi, Candi Prambanan, dan pedesaan sekitarnya yang menakjubkan.

kuliner sekitar Tebing Breksi
(sumber/tripadvisor)

Venue and Dining Abhayagiri yang letaknya strategis di dekat Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Sojiwan, dan Candi Barong berpotensi menjadi daya tarik wisata budaya dan rekreasi. Lingkungan yang tenang dan pemandangan yang menakjubkan menjadikan lokasi ini ideal untuk makan malam romantis atau sekadar beristirahat dan menikmati alam.

2. Balkondes Sambirejo

Kawasan Tebing Breksi terletak di Yogyakarta, di Gunung Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Paket makan meliputi Menu Prasmanan, Paket Tumpeng, Paket Ingkung, dan Paket Mewah. Harga Rp 35.000 – Rp 250.000.

Fasilitas Balkondes Sambirejo meliputi wisma, restoran, galeri, bengkel, dan ruang rapat. Homestay Balkondes Sambirejo menyediakan dua tipe kamar yaitu Kamar Couple dan Kamar Keluarga, yang keduanya sudah termasuk sarapan, tempat tidur tambahan, AC, televisi, WiFi, dan air hangat.

(sumber/tebingbreksi)

Selain itu, Balkondes Sambirejo menawarkan menu makanan yang beragam dengan harga terjangkau, serta paket makanan kotak nasi dan prasmanan pesta besar bagi wisatawan yang ingin beraktivitas di lokasi.

3. RM&GRIYA Mbah Ijo

RM&GRIYA Mbah Ijo adalah kuliner di sekitar Tebing Breksi. Restoran ini terkenal dengan makanan tradisional Jawa yang lezat dan otentik. Suasana RM&GRIYA Mbah Ijo pun hangat dan tradisional, dengan dekorasi kayu dan bambu. Restoran ini memiliki beberapa tempat makan, baik indoor maupun outdoor.

Menu RM&GRIYA Mbah Ijo memiliki hidangan khas Jawa seperti nasi gudeg, nasi goreng jawa, sate ayam, dan soto ayam. Restoran ini juga menyajikan minuman tradisional khas Jawa seperti teh, kopi, dan wedang ronde.

Untuk harga makanan di RM&GRIYA Mbah Ijo masuk akal dan sesuai dengan kualitasnya. Restoran ini buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 10 malam.

4. Selorejo Cafe

Salah satu kuliner di sekitar Tebing Breksi Yogyakarta yang menawarkan suasana nyaman dan pelayanan sopan adalah Selorejo Cafe. Selorejo Cafe adalah sebuah restoran di Prambanan, Yogyakarta.

Adapun beberapa pilihan menu paket yang tersedia di restoran ini seperti Ayam Goreng Bakar, Bayam Tumis, Sambal Lalapan, Mendoan, Teh Panas, dan Es Campur. Selain itu, Kafe Selorejo juga dianggap sebagai tempat pertemuan terbuka dengan pemandangan menakjubkan.

5. Resto Maduroso

Resto Maduroso merupakan restoran khas Yogyakarta yang menyediakan masakan tradisional Madura. Restoran ini terletak di Jalan Adisucipto No. 51, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Makanan khas Resto Maduroso antara lain sate ayam madura, lor asem, bubur manado, setten bebek, dan lain-lain.

kuliner sekitar Tebing Breksi
(sumber/tribunnewswiki)

Seperti yang kita tahu, restoran ini menciptakan suasana istimewa dengan dekorasi dan ornamen khas Madura yang mengantarkan wisatawan ke Pulau Madura. Resto Maduroso buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Selain ruang makan di dalam, restoran ini juga memiliki ruang makan luar yang bagus dengan ide lesehan (duduk di atas tikar).

Resto Maduroso menjadi favorit para pecinta kuliner Yogyakarta yang ingin menikmati kuliner asli Madura dalam suasana yang khas.

6. Ganesha Ek Sanskriti Yogyakarta

Kuliner di sekitar Tebing Breksi ini adalah sebuah restoran India yang terletak di Jalan Kaliurang Km 4.5 di Depok, Sleman, Yogyakarta. Restoran ini terkenal menyajikan masakan India otentik yang luar biasa dalam suasana yang nyaman dan indah.

Ganesha Ek Sanskriti Yogyakarta sendiri menyajikan berbagai macam makanan tradisional India yang disiapkan menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi. Menu mereka mencakup makanan pokok seperti ayam tandoori, ayam mentega, dan biryani, serta pilihan vegetarian yang enak.

Restoran ini menawarkan dekorasi indah dan suasana nyaman dan berkelas. Tidak heran jika Ganesha Ek Sanskriti ideal untuk berbagai acara, termasuk makan romantis, pertemuan keluarga, dan acara bisnis. Untuk harga juga sangat terjangkau, mengingat kualitas makanan dan layanannya.

7. Warung Sederhana Bu Ruby Boko

Kuliner di sekitar Tebing Breksi ini merupakan stand makanan yang terletak di Jalan Kaliurang Km 16 di Sleman, Yogyakarta. Kios ini terkenal dengan masakan Jawa pedas yang nikmat dan harganya yang murah. Warung Sederhana Bu Ruby Boko buka setiap hari mulai jam 6 pagi hingga 9 malam.

8. Lereng Ijo

Lereng Ijo merupakan restoran yang juga menyuguhkan pemandangan hijau di sekitarnya. Tempat ini memberikan kesegaran bagi mata dan pikiran.

Suasananya yang tenang dan udaranya yang sejuk menjadikannya tempat ideal untuk melepas penat dan melepas lelah setelah seharian berjalan-jalan di Tebing Breksi. Lereng Ijo hanya berjarak 800 meter sehingga mudah diakses oleh tamu yang ingin menjelajah lebih lanjut.

9. Trinata Coffee and View

Kuliner di sekitar Tebing Breksi ini sangat direkomendasikan untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan sambil beristirahat atau makan malam. Pengunjung bisa menikmati pemandangan Tebing Breksi pada malam hari dari spot yang hanya berjarak 100 meter sebelah timur pintu masuk wisata ini.

kuliner sekitar Tebing Breksi

Restoran ini menyediakan layanan terbaik dan beragam masakan yang ideal untuk orang-orang dari segala usia. Selain itu, terdapat area bermain dan ruangan dengan AC yang bagus, cocok untuk anak-anak.

Tidak heran jika tempat ini memberikan kombinasi sempurna antara kenyamanan dan keindahan alam, menjadikannya pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Apa yang Menarik di Tebing Breksi?

Tebing Breksi merupakan sebuah tempat wisata bekas pertambangan yang terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tebing Breksi dulunya merupakan kawasan pertambangan batu yang menjadi sumber pendapatan masyarakat sekitar.

Batu-batu besar di atas Tebing Breksi terbentuk dari abu yang dikeluarkan Gunung Api Nglanggeran selama puluhan tahun. Kubus abu mengendap membentuk lumpur dan kemudian memadat menjadi batuan. Kombinasi cuaca dan waktulah yang mengubah abu letusan menjadi bongkahan batu besar di dekat Desa Sambirejo.

Pada tahun 2014, peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) mengamati Tebing Breksi dan mengidentifikasi sejenis batuan tufa yang langka. Akibatnya, penambangan dihentikan, dan Tebing Breksi diklasifikasikan sebagai situs Geoheritage Yogyakarta pada tahun 2015.

Sejak saat itu, masyarakat setempat mulai berinisiatif mengembangkan Tebing Breksi melalui daya ciptanya. Batuan bekas tambang setinggi sekitar 30 meter ini dipotong untuk dijadikan relief dan dongeng wayang dengan ukiran yang rumit.

Keindahan karya kreatif yang dihasilkan kemudian disebarkan melalui media sosial sehingga menjadikan Tebing Breksi terkenal di kalangan masyarakat.

Kuliner di sekitar Tebing Breksi juga menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Karena lokasi wisata ini berada 200 meter di atas permukaan laut, wisatawan bisa menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari atas. Apalagi menjelang senja, wisatawan akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Rute Menuju Tebing Breksi

Perjalanan menuju kawasan Tebing Breksi memakan waktu 28 menit dan menempuh jarak sekitar 17 km dari Yogyakarta. Jalan menuju lokasi ini sudah beraspal dan disemen sehingga sangat mudah diakses, namun sebagian kecil jalan tidak rata dan berbukit. Jalur ini dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan, antara lain sepeda motor, mobil, minibus, truk, bahkan bus wisata.

Pengunjung juga mudah mendapatkan petunjuk menuju Tebing Breksi. Kehadiran rambu-rambu penuntun tersebut juga dapat memudahkan pengunjung mengakses destinasi wisata lain di sekitar Tebing Breksi, seperti Candi Ratu Boko, Candi Ijo, dan Batu Papal.

Meski terdapat beberapa tempat wisata lain di kawasan sekitar, namun jumlah pengunjung Tebing Breksi tetap stabil. Lantas, apa daya tarik Tebing Breksi? Ternyata hanya dengan Rp. 10.000, wisatawan sudah bisa menikmati kemegahan patung tebing dan pemandangan alam. Tidak hanya itu, Tebing Breksi juga menyediakan spot-spot foto yang ditata oleh pihak pengelola.

Setidaknya ada 12 item gambar yang dihiasi dengan flora cantik, atribut-atribut unik, dan burung hantu yang jinak. Pengunjung juga bisa menjelajahi kawasan wisata dengan menyewa kendaraan off-road. Tebing Breksi juga menawarkan Tlatar Seneng dan amfiteater berbentuk lingkaran yang mengingatkan kita pada teater Yunani kuno.

Fasilitas Lengkap yang Tersedia di Tebing Breksi

Fasilitas Tebing Breksi juga terbilang lengkap. Mulai dari lahan parkir yang luas dan area tersendiri untuk berbagai jenis kendaraan, seperti sepeda, sepeda motor, mobil, bus, persewaan mobil off-road, dan lain sebagainya.

Selain itu, jalur dari tempat parkir menuju lokasi wisata dapat diakses oleh kursi roda. Pemerintah menyediakan fasilitas objek wisata yang memadai, seperti tiga restoran, masjid dan mushola, kafe, kamar mandi, toko souvenir, dan kuliner di sekitar Tebing Breksi.

Sarana tempat sampah yang dikelola pengelola sudah sangat baik, terlihat dari jarak antar tempat sampah yang pendek, pemisahan sampah organik dan anorganik, bahkan tersedianya sampah puntung rokok di area amphitheater.

Sayangnya masih banyak sampah yang dibuang sembarangan. Lalu sejak masa pandemi, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas cuci tangan di seluruh area, termasuk pintu masuk, tempat parkir, dan setiap sudut objek wisata Tebing Breksi, serta spanduk himbauan agar para tamu tetap mengikuti pedoman kesehatan.

Wisata Boleh Kemana Aja, Staycation Di Ubu Villa Aja!

Itu dia rekomendasi tempat makan di dekat Tebing Breksi yang menyajikan lebih dari sekadar pemandangan indah, tetapi juga pengalaman kuliner yang mengesankan.

Lalu setelah seharian menjelajahi destinasi Tebing Breksi, pastinya kamu membutuhkan tempat penginapan yang nyaman bukan? Tidak perlu khawatir, ada Ubu Villa yang harganya hemat kantong, ditunjang dengan berbagai fasilitas lengkap seperti balkon, kolam renang, AC, dapur, area tempat duduk, air panas, separate dining area dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Yuk kunjungi kuliner di sekitar Tebing Breksi dan jelajahi berbagai destinasi Yogyakarta yang mempesona, selamat berlibur!

Tentang Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *