Home » 7 Wisata Alam di Yogyakarta Dengan Pemandangan Terindah

Wisata alam di Yogyakarta yang luar biasa, mulai dari pegunungan mempesona, air terjun yang memukau, hingga goa alam yang menakjubkan.

Yogyakarta, kota yang terkenal dengan budaya dan peninggalan sejarahnya, menawarkan keindahan alam yang tak kalah memesona. Di sini, ubu Lovers dapat menemukan berbagai destinasi wisata alam yang memberikan pengalaman tak terlupakan. Mulai dari gunung yang menjulang tinggi, hingga gua yang menyimpan keajaiban alam tersembunyi, semua terhampar dengan pemandangan yang memukau.

Salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Yogyakarta adalah Gunung Merapi. Gunung berapi yang masih aktif ini menawarkan keindahan panorama yang mengagumkan. Kamu bisa mendaki hingga ke puncaknya atau sekedar menikmati keindahan Merapi dari kejauhan. Selain itu, terdapat kawah belerang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Bagi kamu yang menyukai petualangan bawah tanah, Gua Pindul menjadi pilihan yang tepat. Gua ini memiliki panjang lebih dari 2.000 meter dan menawarkan aktivitas arung jeram sungai bawah tanah yang seru. Aliran sungai, stalaktit, dan stalakmit yang indah akan menemani perjalanan ubu lovers di dalam gua tersebut.

Rekomendasi Wisata Alam di Yogyakarta

Berikut rekomendasi wisata alam di Yogyakarta yang wajib Ubu Lovers kunjungi:

1. Embung Batara Sriten

Ubu lovers, Embung Batara Sriten adalah sebuah telaga buatan yang terletak di Perbukitan Baturagung Utara, Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Embung ini diresmikan pada tahun 2014 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan merupakan salah satu embung buatan tertinggi di Gunungkidul, dengan ketinggian sekitar 859 meter di atas permukaan laut.

wisata alam di Yogyakarta
(sumber/griyawisata)

 Embung Batara Sriten dibangun dengan tujuan utama untuk menampung air hujan dan mencegah terjadinya kekeringan di musim kemarau. Selain itu, embung ini dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan wisata, seperti berkemah, memancing, berenang, dan menikmati keindahan alam. 

Embung Batara Sriten dikelilingi oleh perbukitan hijau yang asri dan menawarkan pemandangan yang indah. Kamu bisa menikmati panorama alam yang menakjubkan dari berbagai sudut embung. 

Tidak hanya itu, wisata alam di Yogyakarta ini menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata edukasi.

2. Bukit Bintang Wonosari

Ubu lovers, Bukit Bintang Wonosari dikenal sebagai Bukit Bintang Patuk atau Bukit Hargodumilah, merupakan salah satu destinasi wisata malam populer di Yogyakarta. 

Terletak di Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, bukit ini menawarkan pemandangan indah Kota Yogyakarta dan sekitarnya, terutama pada malam hari. 

Dari puncak bukit yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut ini, kamu bisa melihat gemerlap lampu kota Yogyakarta yang bagaikan lautan bintang.

wisata alam di Yogyakarta
(sumber/indozonetravel)

Pemandangan ini semakin memukau dengan suasana malam yang sejuk dan udara segarnya. Bukit Bintang Wonosari menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk bersantai, menikmati suasana malam, dan mengambil gambar. 

Di sini, terdapat warung makan dan kafe yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Ubu lovers bisa menyewa tikar atau beanbag untuk duduk santai di atas rumput sembari menikmati pemandangan. 

Selain itu, Bukit Bintang Wonosari juga sering dijadikan tempat untuk mengadakan berbagai acara, seperti live music, pertunjukan seni, dan festival. 

3. Waduk Sermo

Selanjutnya, Waduk Sermo adalah sebuah waduk yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. 

Waduk ini dibangun pada tahun 1994 dan memiliki fungsi utama sebagai irigasi, air bersih, dan pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Selain itu, Waduk Sermo menjadi salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta.

Waduk Sermo dikelilingi oleh perbukitan hijau yang asri dan memiliki pemandangan indah. Kamu bisa menikmati berbagai aktivitas di waduk ini, seperti bersepeda, berkemah, memancing, dan naik perahu. 

Di sekitar waduk terdapat beberapa warung makan dan kafe yang menyajikan berbagai kuliner khas Yogyakarta.

4. Kebun Teh Nglinggo

Ubu lovers, Kebun Teh Nglinggo adalah sebuah perkebunan teh yang terletak di perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta. 

Menjadi satu-satunya perkebunan teh di Yogyakarta, Nglinggo menawarkan panorama alam yang indah dengan hamparan kebun teh hijau dan udara yang sejuk.

wisata alam di Yogyakarta
(sumber/tripadvisor)

Di wisata alam di Yogyakarta, Ubu Lovers bisa menikmati berbagai aktivitas, seperti trekking di antara pepohonan teh, berfoto dengan latar belakang pegunungan, mengunjungi pabrik teh untuk melihat proses pembuatan teh, mencicipi teh asli Nglinggo, hingga belajar tentang budidaya teh. 

Selain itu, Kebun Teh Nglinggo terkenal sebagai tempat untuk melihat sunrise yang indah. Kamu bisa mendaki Bukit Ngisis untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. 

5. Goa Pindul

Ubu lovers, Goa Pindul adalah sebuah objek wisata gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Gua ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau dan aktivitas menyusuri gua yang unik, yaitu cave tubing. Dalam kegiatan cave tubing, kamu akan menaiki ban pelampung dan mengikuti aliran Sungai Oya yang menembus gua Pindul. 

Sepanjang perjalanan, Ubu lovers akan disuguhkan pemandangan stalaktit dan stalakmit, serta keheningan gua yang menenangkan. Selain cave tubing, Goa Pindul menawarkan berbagai aktivitas lain, seperti trekking, berenang, dan bersantai di tepi sungai.

Goa Pindul menjadi salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Keindahan alamnya dan aktivitasnya yang seru menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

6. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk adalah sebuah objek wisata alam yang terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, dengan air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 25 meter dan kolam alami yang terbentuk di bawahnya.

Keunikan Air Terjun Sri Gethuk terletak pada lokasi dan aksesnya. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo, sehingga untuk menikmatinya kamu harus menyusuri sungai dengan rakit selama sekitar 15 menit. 

Perjalanan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena mereka bisa menikmati pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan.

wisata alam di Yogyakarta
(sumber/bakpiamutarajogja)

Selain air terjunnya yang indah, Air Terjun Sri Gethuk juga menawarkan berbagai aktivitas wisata lainnya, seperti berenang, bermain air, bersantai, dan trekking. 

Di sekitar air terjun terdapat beberapa gazebo dan warung makan yang bisa digunakan untuk beristirahat dan menikmati kuliner lokal. Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu wisata alam di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. 

Keindahan alamnya yang memukau dan berbagai aktivitas wisata yang ditawarkan, menjadikan tempat ini sebagai pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

7. Puncak Pinus Becici

Ubu lovers, Puncak Pinus Becici dikenal sebagai Pinus Becici, adalah objek wisata alam yang terletak di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini terkenal dengan keindahan hutan pinusnya yang luasnya mencapai 4,4 hektar. 

Dari Puncak Becici, kamu bisa melihat panorama alam yang indah, termasuk hamparan perbukitan hijau, pepohonan pinus yang rindang, dan pemandangan Kota Yogyakarta dari kejauhan.

Becici memiliki banyak spot foto yang menarik, seperti gardu pandang, rumah pohon, dan berbagai spot instagramable lainnya. Kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman untuk dinikmati di bawah rindangnya pepohonan pinus.

Di Puncak Becici terdapat beberapa wahana permainan, seperti Flying Fox dan ATV. Bagi yang ingin merasakan sensasi bermalam di alam, Puncak Becici menyediakan area camping yang nyaman.

8. Air Terjun Lepo

Ubu lovers, Air Terjun Lepo adalah sebuah wisata alam yang terletak di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami, dengan air yang jernih dan segar, serta dikelilingi oleh tebing kapur yang menawan.

wisata alam di Yogyakarta
(sumber/garasijogja)

Air Terjun Lepo memiliki 3 air terjun dan 4 kolam alami dengan kedalaman yang berbeda-beda. Kolam pertama memiliki kedalaman 2 meter, sehingga cocok untuk kamu yang pandai berenang. 

Sedangkan kolam lainnya memiliki kedalaman yang lebih dangkal, sehingga aman untuk anak-anak. Ubu lovers bisa berenang, bermain air, atau bersantai di tepi kolam sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

9. Puncak Sosok

Selanjutnya, Puncak Sosok merupakan sebuah destinasi wisata alam berupa pegunungan yang terletak di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Tempat wisata ini menawarkan panorama alam yang indah, terutama pemandangan Kota Yogyakarta dari ketinggian. Kamu bisa menikmati pemandangan tersebut dari pagi hingga malam hari. 

Puncak Sosok menjadi salah satu tempat wisata favorit di Yogyakarta, terutama bagi para pecinta alam dan fotografi. Selain menikmati pemandangan, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya di Puncak Sosok, seperti berkemah, bersepeda, dan trekking. 

Puncak Sosok mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Tiket masuk ke tempat wisata ini pun tergolong murah dan terjangkau

10. Kalibiru

Ubu lovers, Kalibiru adalah sebuah desa wisata yang terletak di perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini terkenal dengan keindahan alamnya yang asri dan menawarkan berbagai macam daya tarik wisata.

Dari Kalibiru, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, seperti hamparan sawah hijau, perbukitan Menoreh, Gunung Merapi, Waduk Sermo, dan laut selatan.

Danau kecil ini memiliki air yang jernih dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Ubu lovers bisa bersantai di tepi danau, berfoto, atau naik perahu.

Kalibiru memiliki banyak spot foto yang instagramable, seperti gardu pandang, ayunan raksasa, dan spot foto berbentuk hati. Di Kalibiru, tersedia berbagai wahana bermain untuk anak-anak dan orang dewasa, seperti flying fox, outbound, dan ATV.

Kalibiru adalah tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan. Akses menuju Kalibiru cukup mudah dan tersedia berbagai pilihan akomodasi, seperti hotel, homestay, dan villa.

11. Geoforest Watu Payung Turunan

Ubu lovers, Geoforest Watu Payung Turunan adalah sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Dusun Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, dengan hamparan perbukitan hijau, lembah asrinya, dan tebing-tebing batu kapur yang menjulang tinggi.

Geoforest Watu Payung Turunan awalnya merupakan hutan jati yang dikelola oleh Perhutani. Namun, pada tahun 2015, kawasan ini diubah menjadi geoforest untuk tujuan wisata dan edukasi. 

Sejak saat itu, Geoforest Watu Payung Turunan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Gunungkidul. Kamu bisa menikmati berbagai aktivitas wisata, seperti trekking, camping, naik sepeda, dan fotografi. 

Di wisata alam di Yogyakarta ini, terdapat beberapa spot foto instagramable yang menawarkan pemandangan alam yang indah, seperti gardu pandang, jembatan kayu, dan batu payung raksasa yang menjadi ikon tempat wisata ini.

12. Pantai Cangkring

Pantai Cangkring adalah sebuah pantai indah yang terletak di Dusun Cangkring, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini tergolong pantai baru, dibuka untuk umum sejak tahun 2014. 

Pantai Cangkring menawarkan panorama alam yang memukau dengan pasir putih dan air laut biru yang jernih. Di sepanjang garis pantainya ditumbuhi pohon cemara udang yang rindang, sehingga suasananya terasa teduh dan asri. 

Ubu lovers bisa bersantai di bawah pepohonan, berjemur di tepi pantai, bermain pasir, atau berenang di laut. Selain keindahan alamnya, Pantai Cangkring menawarkan berbagai aktivitas menarik lainnya, seperti berkebun, outbound, dan menikmati keindahan matahari terbenam. 

Di sini, Ubu lovers bisa mencicipi kuliner lokal yang lezat di warung-warung makan yang tersedia. 

Semua destinasi wisata alam di Yogyakarta di atas menawarkan pemandangan yang indah dan menarik, serta berbagai kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan.

Wisata Boleh Ke Mana Aja, Staycation di Ubu Villa Aja!

Bagi kamu yang ingin merasakan liburan yang mewah dan menenangkan tanpa harus pergi terlalu jauh, staycation di villa estetik bisa menjadi pilihan yang sempurna. 

Ubu Villa dirancang dengan konsep desain yang menawan, menggabungkan keindahan alam dengan sentuhan estetika modern. 

Suasana yang tenang dan damai, ditambah dengan fasilitas kelas atas seperti kolam renang pribadi, area taman yang asri, serta interior yang stylish dan instagramable, membuat pengalaman menginap di sini terasa seperti berada di surga tersembunyi. 

Jadi, jika Ubu Lovers mencari pengalaman liburan yang unik dan instagramable, villa estetik ini bisa menjadi destinasi idaman yang tidak akan mengecewakan.

Itu dia rekomendasi wisata alam di Yogyakarta yang wajib masuk bucket list Ubu Lovers, happy holiday, ya!

Tentang Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *