Home » 5 Wisata Kuliner Jogja Dari Yang Legendaris Hingga Kekinian!


Kuliner Legendaris Jogja Yang Disukai Para Travellers – Halo Ubu Lovers, ada yang lagi liburan di Jogja ngga? mimin lagi ngelist daftar kuliner Jogja legendaris yang paling sering didatangi trevellers.

Siapa yang belum pernah nyobaik kuliner khas Jogja? Kota istimewa ini punya banyak banget makanan khas yang berasal dari baik kota Jogja maupun kota luar Jogja lo. Yuk kita berburu kuliner yang bakal membuat kalian sulit ngelupain rasanya.

Kuliner Legendaris Jogja Yang Wajib Dicoba

Jogja mempunyai ribuan kuliner di setiap penjuru sudutnya. Pasti sulit bagi Ubu Lovers yang belum mempunyai rekomendasi wisata kuliner.

Jangan khawatir, kalian tinggal pilih dari beberapa kuliner di bawah ini.

Gudeg Yu Djum

Kuliner Legendaris Jogja
Gudeg Yu Djum sangat disukai oleh travellers dari semua kota di Indonesia (sumber/gudegyudjumpusat)

Salah satu yang paling terkenal dari wisata kuliner legendaris di Jogja adalah Gudeg Yu Djum. Perintis rumah makan ini adalah ibu Djuwariah yang biasa dipanggil Yu DJum.

Nah, Gudeg Yu Djum sendiri sudah ada di Jogja sejak 1950an. Sekarang gudeg ini sudah mempunyai cabang 7 dan terus berkembang.

Dari daftar menu yang sering dicari para trevellers, ada menu yang menurut mimin enak untuk dicoba. Berikut diantaranya:

  • Nasi Gudeg Telur Tahu Tempe : Rp 20.000.
  • Nasi Gudeg Krecek Telur : Rp 14.000.
  • Nasi Gudeg Ayam Paha Bawah Ceker : Rp 27.000.
  • Nasi Gudeg Telur Kepala Ayam : Rp 32.000.
  • Nasi Gudeg Ayam Sayap : Rp 22.000.
  • Nasi Gudeg Telur Rampela Ati : Rp 28.000.

Rasa gudeg sendiri tergolong masakan manis, mungkin bagi sebagian Ubu Travellers yang suka makanan asin, agak kurang dengan rasa gudeg ini. Tapi sepengalaman mimin, siapa saja yang telah mencobanya pasti menyukainya, hehehe

Gudeg Permata

Kuliner Legendaris Jogja
Pilihan menu yang variatif di gudeg Permata (sumber/myeatandtravelstory)

Gudeg legendaris lainnya yang terkenal di Jogja adalah gudeg Permata yang terletak tepat di sisi barat bekas gedung bioskop Permata. Alamatnya yaitu di Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111

Rumah makan legendaris ini mulai buka dari pukul 20.30 WIB. Sama seperti tempat gudeg lainnya, kamu harus benar-benar datang lebih awal untuk menghindari antrian yang panjang.

Angkringan Pak Jabrik

Angkringan pak Jabrik
Angkringan pak Jabrik semakin malam semakin rame (sumber/travelspromo)

Kuliner Jogja ngga melulu gudeg. Angkringan merupakan salah satu ikon kuliner Jogja yang tak kalah terkenal.

Kamu dapat dengan mudah menemukan angkringan di Jogja, tapi wajib cobain salah satu yang terkenal yaitu angkringan pak Jabrik.

Sering disebut oleh banyak orang sebagaian angkringan KR karena lokasinya persis di halaman depan kantor surat kabar Kedaulatan Rakyat (KR).

The Original Gelato

Kuliner Legendaris Jogja
Menikmati gelato yang super enak dari The Original Gelato

Kalau sudah puas berkuliner mengisi perut, saatnya menyantap yang manis-manis sebagai dessertnya.

The Original Gelato bisa menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan tenggorokan. Ini menjadi salah satu tempat gelato terkenal di Jogja yang terletak di kawasan Sagan.

Bakpia Kukus Jogja

Kuliner Legendaris Jogja
Bakpia kukus selalu meninggalkan cita rasa lezat yang ngangenin di lidah (sumber/liputan6)

Salah satu varian baru dari bakpia yang sedang trending dalam beberapa waktu belakangan adalah bakpia kukus.

Bakpia satu ini memiliki tekstur yang lebih lembut daripada bakpia pada umumnya. Mungkin lebih terasa seperti kue bolu atau brownis.

Rekomendasi Kuliner Khas Jogja Legendaris

Gimana Ubu Lovers, apa ada salah dari daftar kuliner di atas yang Ubu Lovers pernah coba? atau mungkin kalian telah mencoba semuanya dan bahkan punya rekomendasi kuliner legendaris sendiri.

Kalau Ubu lovers punya kuliner legendaris di Jogja, boleh dong kasih tau di kolom komentar yaa.

Itu tadi artikel tentang kuliner legendaris Jogja menurut Ubu Villa, jangan lupa kalau mau liburan ke Jogja untuk mampir ke Ubu Villa yaaa

Ditunggu kedatangannya Ubu Lovers, sampai jumpaa.ūüėć

Tentang Penulis

3 thoughts on “5 Wisata Kuliner Jogja Dari Yang Legendaris Hingga Kekinian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *