Home » 7 Cafe Baru Jogja Opening Tahun 2024

Cafe baru Jogja kini banyak yang baru khususnya di awal tahun 2024, tentunya dengan kuliner yang lezat, tempat yang cozy dan pastinya spot foto instagramable.

Cafe Baru Jogja Yogyakarta, kota wisata dan budaya, selalu menyenangkan untuk dikunjungi. Kita semua sadar bahwa kegiatan berwisata erat kaitannya dengan kuliner. Jogja memiliki beragam pilihan kuliner, termasuk masakan tradisional seperti bakpia dan gudeg serta sederet kafe populer dan Instagrammable.

Kafe adalah tempat yang tepat untuk bersantai atau sekedar nongkrong dan ngobrol bersama teman. Setelah puas menjelajahi tempat wisata Jogja, kamu bisa bersantai di malam hari. Apalagi sejumlah kafe populer di Jogja menampilkan live music sehingga membuat suasana semakin semarak dan meriah.

Tren chill and eat akhir-akhir ini sedang populer, terutama di kalangan anak muda. Kita bisa melihat kafe-kafe bermunculan di berbagai lokasi, baik yang berkonsep industrial maupun outdoor yang memanfaatkan pemandangan alam sekitar. Bagi kamu warga Jogja atau sedang berlibur ke Daerah Istimewa, yuk kunjungi tempat-tempat populer berikut ini.

Rekomendasi Cafe Baru Jogja Hits dan Kekinian di Tahun 2024

Tidak bisa dipungkiri, Jogja memang memiliki banyak kafe, baik yang ada di kota maupun di pinggiran kota. Namun, laju pertumbuhannya tidak secepat tahun sebelumnya. Saat ini banyak sekali tempat nongkrong, terutama yang berkonsep outdoor. Diantaranya adalah:

1. Mood River Garden

Inilah salah satu rekomendasi cafe baru Jogja di tahun 2024. Cafe dengan konsep semi outdoor dan suasana yang sangat alam. Sesuai dengan namanya, lokasinya berada di dalam taman, dengan adanya sungai di dekatnya.

(sumber/instagrammoodrivergarden)

Ada banyak space untuk nongkrong baik di outdoor, semi indoor maupun area indoor. Bagaimanapun, bangunan ini menarik secara visual di setiap sudutnya. Kafe ini terletak di Gedongan Lor, Wedomartani, Ngempela, dan Sleman.

2. Lavana Jogja

Sedang mencari restoran atau cafe di Jogja yang buka 24 jam? Coba Lavana Resto Kaliurang tepatnya terletak di Jl. Kaliurang Barat, Rt 02/17, Hargobinangun, Pakem, dan Sleman. Semakin malam, lokasi ini semakin ramai.

(sumber/magelangekspresdisway)

Tapi jangan khawatir, arealnya cukup luas, dengan pepohonan hijau dan rerumputan yang mengelilinginya. Suasananya sejuk, cozy, dan nyaman, dengan pilihan menu yang beragam.

3. Easy Breezy

Cafe baru Jogja ini menjadi salah satu rekomendasi cafe estetik dan Instagramable di Jogja 2024. Desain dan dekorasi cafe nya memancarkan nuansa bohemian musim panas. Suasananya mirip beach club di Bali.

(sumber/wisatamilenial)

Bahkan ada area dengan pasir pantai. Menunya sendiri beragam, dengan pilihan mulai dari menu Indonesia hingga Barat. Easy breezy terletak di Gedongan Lor, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Carney Co

Mari kita mulai dari sisi utara, di mana terdapat banyak kafe populer untuk dikunjungi. Misalnya Carney Co yang berlokasi di Kledokan, Caturtunggal, dan Depok. Begitu sampai, kita akan disambut dengan bangunan berbentuk segitiga khas Eropa. Warnanya lembut dan menarik dipandang mata.

(sumber/larismanis)

Struktur utama terdiri dari dua lantai. Lantai pertama berfungsi sebagai bar dan mencakup sejumlah area tempat duduk. Sedangkan di lantai dua, kamu akan disambut dengan interior menarik.

Selain itu, Cafe Carney juga memiliki area outdoor. Lokasinya yang unik karena berada di pinggir persawahan, memberikan sudut pandang yang segar. Kamu bisa nongkrong di area lesehan menggunakan bean bag.

5. Cafe Brick

Namanya mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang hobi nongkrong. Kafe yang terletak di Jalan Damai, Ngaglik Sleman ini sudah lama menjadi favorit warga Jogja, khususnya anak muda.

(sumber/hipwee)

Cafe baru Jogja ini mengusung tema vintage Eropa. Semuanya bernuansa Eropa, mulai dari desain bangunan hingga dekorasi properti, seperti jam dinding. Tentu saja, ini adalah lokasi yang bagus untuk mengambil foto penuh gaya.

6. Desa Albasta

Nama Desa Albasta mengacu pada kedai kopi dan restoran, bukan desa itu sendiri. Lokasi ini mempunyai suasana ruang terbuka yang luas. Dipenuhi pepohonan rindang dan rerumputan hijau. Cocok untuk waktu quality time atau acara seperti arisan, gathering dll. Bahkan dilengkapi juga dengan wahana playground.

(sumber/wisataumum&religkristenkatholikjogjakartayogyakarta&jawatengah)

Kamu juga bisa berbaring di rerumputan dengan bean bag. Meski ditumbuhi pepohonan, namun sesekali terkena sinar matahari langsung. Namun hal tersebut diatasi dengan pemasangan kain-kain di sela-sela pepohonan sehingga suasana tetap teduh.

Ini bisa dibilang salah satu cafe murah di Jogja. Ada menu tradisional dengan harga terjangkau seperti tempe goreng (Rp 1 ribu), bakwan jagung (Rp 5 ribu), gulai cumi (Rp 10 ribu) dan lain sebagainya.

7. Phinisi Cafe

Ingin mencari cafe baru Jogja yang anti-mainstream? Coba ke Kafe Phinisi. Sleman memang tidak memiliki pantai, namun sensasi makan di kapal pesiar bisa kamu rasakan. Tentu saja ini bukan kapal sungguhan, namun desainnya dimaksudkan agar semirip mungkin dengan kapal pesiar.

(sumber/wisataku.blog)

Phinisi Cafe merupakan restoran terapung terbaru yang berbasis di danau. Warnanya didominasi warna coklat kayu, dengan layar yang mengembang diatasnya. Ada dua spot yang bisa ditempati di kapal: indoor dan outdoor. Menu yang disajikan mirip dengan yang terdapat di kapal pesiar.

8. Unikologi Cafe

Saat mencari tempat nongkrong, banyak orang menginginkan WiFi yang cepat dan lingkungan yang nyaman. Terutama mereka yang ingin menyelesaikan tugasnya, memenuhi tenggat waktu kantor, dan lain sebagainya.

(sumber/liburanyuk!)

Jika kamu salah satunya, kunjungi Unikology Cafe. Dengan lingkungan yang nyaman dan cozy pasti akan meningkatkan produktivitas. Dari segi tampilan dan warnanya sangat nyaman untuk dipandang dan difoto. Bahkan toiletnya terlihat keren. Selain indoor, ada area outdoor. Harga menu juga masih ramah kantong.

9. Casario Cafe

Setiap cafe baru Jogja selalu mengusung konsep atau tema yang unik. Seperti kafe Casario, di mana kamu bisa bersantai di tepi sungai. Jadi papan-papan kayu diletakkan di sepanjang tepian sungai, dengan meja dan bean bag untuk lesehan di atasnya. Pengunjung bisa menikmati beragam pilihan menu sambil mendengarkan suara air yang menenangkan.

(sumber/piknikdong)

Selain area ini, Casario Cafe memiliki beragam area tempat duduk indoor dan outdoor. Setiap sudut terlihat sangat Instagrammable, sangat menyenangkan untuk difoto.

10. Museum Louvre Paris Di De Celine Jogja

Paris tidak diragukan lagi merupakan tujuan wisata yang populer. Tentu saja untuk menuju kesana membutuhkan anggaran yang besar. Kabar baiknya beberapa destinasi Indonesia belakangan ini memperkenalkan konsep ala Paris. Salah satu diantaranya di De Celine ini.

(sumber/babadjogja)

Memang Paris identik dengan Menara Eiffel, namun di sini kamu bisa melihat Paris dari sudut pandang yang berbeda. Bangunan berbentuk segitiga berdinding kaca mirip museum Louvre ini menjadi simbol cafe terpopuler di Jogja. Bukan sekedar gimmick saja, di dalamnya terdapat meja dan kursi untuk nongkrong.

Ada bangunan lain di dekatnya yang memiliki nuansa Eropa. Bangunan utama kafe berwarna krem ​​​​dengan pintu kaca. Tepat di depannya terdapat meja dan kursi bagi Ubu Lovers yang ingin bersantai di area terbuka.

11. Por Aqui Stay & Din

Cafe baru Jogja ini adalah hotel dengan restoran yang dibuka untuk umum. Menariknya, restoran ini mengusung tema Meksiko. Mulai dari bangunan, interior, pernak pernik, hingga menu ala Meksiko.

(sumber/por-aqui)

Ubu Lovers bisa datang ke sini jika ingin mencoba makanan Meksiko seperti burrito, nacho, taco, tortilla, dan lainnya. Selain itu, lokasinya juga menarik secara visual, dengan warna-warna cerah khas Meksiko yang cocok dijadikan latar belakang foto.

12. Osea Resto

Osea Resto di Pakem tetap mempertahankan nuansa tropis dengan menawarkan konsep ala cafe di Bali. Area outdoornya meliputi kolam renang dengan kursi payung yang mengelilinginya. Suasananya lebih khas Bali, dengan pasir putih, payung Bali, dan berbagai hiasan bambu dan jerami.

(sumber/wisataapp)

Adapun menunya juga kebanyakan menu khas tropis seperti thai mango fiesta, tomato mozzarella, salad, nacho, panna cotta, mocktail, dan masih banyak lagi.

13. DIY Selatan

Cafe baru Jogja ini baru dibuka pada November 2021. Menjadi tempat nongkrong populer dengan suasana tropis khas Bali. Area indoor dipenuhi warna-warna cerah dan beragam ornamen menarik untuk dijadikan background foto. Lalu jika ingin bersantai sembari menikmati suasana pedesaan, sebaiknya pilih area outdoor.

(sumber/travellingyuk)

Lokasinya tepat di pinggir persawahan sehingga memberikan pemandangan yang indah. Ubu lovers duduk di bean bag, kursi kayu dengan payung, atau bangku panjang.

14. Kopi Ampirono

Pemandangan perbukitan dan persawahan hijau di Nanggulan sungguh mempesona. Kini kamu bisa menikmatinya di berbagai kafe. Ampirono Coffee bisa dibilang pionir dari kafe-kafe yang ada. Kafe ini memiliki suasana etnik dan tradisional Jawa.

(sumber/magnetoholidays)

Disini kamu bisa menemukan rumah joglo yang merupakan ciri khas rumah adat jawa. Terdapat juga area outdoor di mana Ubu Lovers bisa menikmati keindahan alam sekitar jika cuaca memungkinkan.

15. Mahaloka Paradise

Mahaloka Paradise tampaknya menawarkan ciri khas serupa dengan Svarga Bumi di Magelang. Bedanya, selain kesempatan berfoto di tengah persawahan, lokasi ini juga dilengkapi cafe outdoor.

(sumber/gudangjogja)

Kamu pun tidak hanya mengambil foto saja, namun juga bisa kulineran di tepi sawah. Untuk mengunjungi tempat ini, setiap pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp 20 ribu. Nantinya tiket ini juga digunakan sebagai voucher makanan.

16. South Shore

Cafe baru Jogja ini menghadap langsung ke Samudera Hindia. Keindahannya dikatakan menyaingi kafe-kafe di Bali. Bahkan ada beberapa hiasan yang berbau Pulau Dewata, salah satunya adalah payung tradisional Bali.

(sumber/idntimes)

Bahkan tempat ini juga memiliki infinity pool yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari, sehingga kamu bisa menikmati matahari terbenam. Ada dua jenis paket yang tersedia bagi pengunjung. Paket pertama seharga Rp 100.000 sudah termasuk tiket masuk dan paket makan senilai Rp 70.000.

Sedangkan paket kedua seharga Rp 200 ribu yang sudah termasuk tiket masuk, paket makan senilai Rp 100 ribu, dan akses ke infinity pool.

Liburan Nyaman dan Seru: Yuk Booking Ubu Villa

Itu dia beberapa cafe terpopuler dan Instagramable di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Baik di Bantul, Sleman, Kulon Progo, maupun kota Gunung Kidul. Kini terdapat banyak kafe dan tempat nongkrong di setiap sudut kota yang hangat ini.

Beberapa cafe baru Jogja yang tercantum di atas bisa dijadikan sebagai persinggahanmu sejenak. Lalu agar bisa mengistirahatkan tubuh dengan nyaman, kamu bisa memilih di Ubu Villa yang berlokasi strategis di pusat kota, tentunya dengan harga terjangkau, namun fasilitas yang lengkap dan nyaman.

Tentang Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *