Home » 5 Wisata Edukasi Di Jogja Cocok Untuk Keluarga

Wisata edukasi di Jogja menjadi rekomendasi liburan bersama si kecil, yuk cari tahu daftarnya destinasinya dibawah ini.

Kegiatan belajar mungkin tidak memberikan satu-satunya kesempatan untuk memperoleh wawasan. Mengunjungi wisata edukasi di Jogja bisa membantu memperluas wawasan wisatawan.

Tujuannya adalah pergi ke suatu tempat yang edukatif dan menawarkan informasi baru. Sehingga, kegiatan rekreasi tidak hanya menjadi sarana melepas penat, tapi menambah wawasan.

Wisata Edukasi di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

1. Wisata Edukasi Gebang Park 

Ubu lovers, Wisata Edukasi Gerbang Park adalah salah satu destinasi edukasi yang ada di kawasan Wedomartani, tepatnya di Dusun Gebang, Padukuhan Jetis, Desa Wedomartani, dan Kapanewon Ngemplak, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kesadaran warga akan berbagai potensi wisata yang lengkap di kawasan Dusun Gebang, mendorong berkembangnya wisata edukasi. Selain candi, kawasan dusun ini memiliki waduk, sungai, panorama persawahan, dan segudang daya tarik lain yang memiliki sejarah, namun kurang diketahui masyarakat luas.

2. Kalen Edukasi Lupatmo

Pemuda Dusun Manggung, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta menggagas kalender pendidikan Lupatmo. Mereka menyulap kalen (sungai kecil) desa tersebut menjadi destinasi wisata edukasi.

Tujuan utama dari wisata edukasi ini sebenarnya untuk mengatasi banyaknya sampah yang dibuang ke dasar sungai. Selain itu, wisata edukasi diyakini akan membantu kesadaran warga setempat.

Selain itu, tempat ini berfungsi sebagai fasilitas pendidikan, di mana anak-anak bisa belajar tentang kepedulian terhadap lingkungan. Daya tarik wisata edukasi di Jogja ini adalah, setiap bagian sungai di Dusun Manggung diubah warnanya. 

Warna-warni yang dilukis dengan pola menarik, menjadikan sungai kecil di Manggung terlihat lebih hidup. Selain itu, ribuan ikan yang hidup di sungai kecil menjadi daya tarik lain dari destinasi wisata edukasi ini.

3. Kampung Wisata Warungboto 

Desa Wisata Warungboto memiliki banyak potensi dalam hal seni dan budaya, adat istiadat, kuliner, dan kerajinan. Destinasi wisata edukasi di Jogja ini memiliki daya tarik berupa DAS Gajah Wong.

Oleh karena itu kota wisata ini membangun atraksi berbasis sungai, antara lain Gethekan di sepanjang sungai Gajah Wong dan Riverwalk di sepanjang bantaran sungai.

(sumber/idntimes)

Selain itu, Desa Wisata Warungboto juga dilengkapi dengan situs Bangunan Cagar Budaya Tuk Umbul yang merupakan wisma kagungan di Keraton Kesultanan Yogyakarta dan kini dijadikan ikon dalam kalender acara tahunan Merti Tuk Umbul yang dikemas dalam bentuk sebuah Sendratari.

Pengunjung Desa Wisata Warungboto bisa menikmati pertunjukan seni dan budaya seperti seni karawitan, seni ketoprak, seni pertunjukan Guyon Maton, Seni Sastra Jawa Macapat, Tari Klasik dan Garapan, Kesenian Rakyat Jathilan, Kesenian Reog, Musik Modern (Band), Kesenian seni keprajuritan rakyat (Bergodo), dan seni musik Keroncong.

4. Taman Konservasi Sato Loka 

Selanjutnya Sato Loka terletak di lereng Gunung Merapi tepatnya di Jalan Kaliurang Km 23 di Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Sato Loka mengusung konsep taman wisata edukasi hewan dan ternak.

Koleksi satwa di objek wisata edukasi ini antara lain Marmut, Penyu, Ular Piton, Kambing, Aneka Ikan, dan Sugar Glider. Beberapa koleksi hewan pribadi saat ini memungkinkan adanya interaksi, sementara yang lainnya tidak diperbolehkan

(sumber/tripadvisor)

Selain berinteraksi dengan hewan, para pengunjung bisa mencicipi produk olahan seperti Yoghurt, Es Krim, Susu Pasteurisasi, Puding, Yoghurt Susu Kambing, dan Yoghurt buah asli yang dijamin nikmat.

5. Taman Pintar 

Tempat wisata edukasi di Jogja ini sangat populer dan terletak di pusat Kota. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Malioboro. Taman Pintar adalah destinasi wisata edukasi yang wajib Ubu lovers kunjungi.

Dari namanya saja sudah menandakan bahwa objek wisata edukasi ini penuh dengan wahana bermain yang bisa menambah pengetahuan dan menyediakan tempat bermain bagi anak-anak.

(sumber/travelkompas)

Tamar Pintar menawarkan berbagai wahana edukasi yang menarik dan seru bagi anak-anak. Beberapa wahana diantaranya, zona pengelolaan sampah, wahana bahari, science theater, zona perpustakaan, kampung kerajinan, Gedung PAUD, Planetarium, Gedung Kotak, dan Gedung Oval.

Taman Pintar, wisata edukasi di Jogja yang terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Taman Pintar menawarkan berbagai program rekreasi yang tiketnya bisa dibeli dengan biaya terjangkau. Biaya tiket berkisar antara Rp3.000 hingga Rp22.000, tergantung wahana dan program rekreasi yang Ubu lovers pilih.

6. Omah Salak 

Sesuai dengan namanya, Omah Salah adalah agrowisata yang bernilai tinggi sebagai destinasi wisata edukasi yang fokus pada budidaya salak. Yang menjadi andalan destinasi wisata edukasi di Jogja ini adalah, salak Pondoh yang terkenal enak dan sangat manis.

Pengunjung taman seluas 27 hektar ini bisa menikmati salak dan mengikuti berbagai aktivitas, antara lain menjelajahi perkebunan salak, memetik salak, bersantap, berkemah, dan berenang. 

(sumber/nagantour)

Ada beberapa jenis salak yang tersedia di sini, antara lain Salak Pondoh, Salak Bali, Salak Gading, dan 14 lainnya. Omah Salak adalah destinasi wisata edukasi yang terletak di Dusun Kenteng, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman.

7. Jogja Exotarium Mini Zoo

Tempat wisata edukasi ini menampilkan beragam satwa untuk diamati. Di objek wisata edukasi ini, Ubu liver bisa mengajak si kecil untuk memberi makan hewan-hewan yang ada di kebun binatang mini ini.

Memberikan makanan secara sembarangan adalah tindakan yang dilarang. Jadi pastikan berikan makanan yang sudah disiapkan. Tempat ini memiliki beragam satwa, termasuk reptil dan mamalia.

(sumber/jpnn)

Tempat wisata edukasi ini terletak di Jalan Magelang km. 8 di Sleman Yogyakarta. Untuk masuk kawasan ini, Ubu liver harus membayar tiket sebesar Rp20.000/orang.

8. Gembira Loka Zoo 

Ubu lovers, Gembira Loka Zoo adalah kebun raya dan kebun binatang di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. 

Tempat wisata edukasi di Jogja ini menawarkan berbagai wahana rekreasi, antara lain Animal Contact, Touch Pool, Fishing Pool, Terapi Ikan, Pedal Boat, Skuter Air, ATV, Bumper Boat, Speed Boat, Katamaran, dan masih banyak lagi.

Destinasi wisata edukasi ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap, antara lain akses Internet Wifi, Food Court Atau Tempat Kuliner, Kursi Roda, Gelang Anak, Musala, Mayang Tirta, dan tempat berfoto menarik.

Kebun Binatang Gembira Loka memiliki beberapa zona, antara lain Petting Zoo, Zona Reptil & Amfibi, Zona Primata, Zona Ikan, Zona Bird Park, Zona Cakar, Zona Mamalia dll.

Wisatawan Kebun Binatang Gembira Loka bisa berfoto bersama satwa di berbagai zona. Tak hanya itu, di dalamnya terdapat beberapa tempat foto menarik yang Instagramable banget. Wisata edukasi di Jogja wajib masuk bucket-list Ubu lovers, ya!

Liburan Nyaman Bersama si Kecil: Booking Ubu Villa Sekarang

Untuk mendapatkan momen liburan yang menyenangkan, pastikan untuk Booking hotel atau akomodasi dari jauh-jauh hari. Ingin liburan dengan suasana hotel yang berbeda?

Lokasi Ubu Villa sendiri berada di pusat kota, sehingga akan memudahkan kamu untuk pergi ke berbagai objek wisata tanpa harus menghabiskan banyak waktu.

Selain itu, Ubu Villa merupakan pilihan akomodasi dengan konsep estetik dan Instagramable banget. Jadi Ubu villa adalah pilihan tepat akomodasi di Jogja, yuk booking sekarang.

Nah itu dia, pilihan tempat wisata edukasi di Jogja yang bisa dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga sekaligus tempat bermain anak, jadi kapan nih Ubu lovers mau ke Yogyakarta?

Tentang Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *