Home » 10 Tempat Wisata Alam Jogja Paling Sering Dikunjungi Wisatawan

Tempat wisata alam Jogja menjadi destinasi pilihan bagi Ubu Lovers yang suka pemandangan Nature dan menenangkan, simak selengkapnya di bawah ini!

Jogja adalah destinasi wisata yang kaya akan keindahan alam menakjubkan. Wisata alam di Jogja menawarkan berbagai keunikan dan daya tarik tersendiri, mulai dari pemandangan yang memukau hingga petualangan seru.

Gunung Merapi adalah gunung berapi aktif ikonik Jogja, menjadi destinasi favorit untuk pendakian dan mengagumi keindahan alamnya. Goa Pindul menawarkan pengalaman arung jeram di bawah tanah yang menantang. Pantai Parangtritis dengan ombak besarnya pun sangat populer, khususnya untuk menikmati sunset yang memesona.

Tempat wisata alam Jogja
(sumber/pinterest)

Selain itu, Jogja memiliki objek wisata alam yang sedang naik daun, yaitu Kalibiru dengan keindahan perbukitan. Kawasan Gunungkidul dengan bentang alam karst yang unik juga menawarkan pesona goa-goa alam dan bukit batu gamping yang eksotis.

Ubu Lovers bisa menikmati keindahan alam Jogja melalui berbagai aktivitas seperti hiking, camping, arung jeram, hingga sekedar berfoto di spot-spot alam yang memesona.

Dengan kekayaan alamnya yang beragam, Jogja menjadi tempat wisata alam yang wajib dikunjungi bagi para pecinta petualangan atau hanya ingin menikmati keindahan alamnya. 

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata alam Jogja yang populer dan wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Alam Jogja 

1. Kedung Pedut

Ubu Lovers, Kedung Pedut adalah salah satu tempat wisata alam yang populer di Kota Yogyakarta. Lokasinya terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, dan dikenal dengan nama “Kedung berarti kolam dan Pedut berarti kabut” 

Karena air jatuh ke bawah menuju kolam yang mengakibatkan sekitaran kolam tersebut menjadi berkabut. Kedung Pedut memiliki keunikan tersendiri, karena airnya yang jernih dan berubah warna menjadi tosca.

Tempat ini populer dengan keindahan eksotis dan keunikan warna air terjunnya. Kedung Pedut memiliki beberapa kolam air bertingkat, yang mana Ubu Lovers bisa memilih untuk bermain air di kolam yang mana.

(sumber/pinterest)

Ubu Lovers bisa merasakan sensasi terjun dari atas untuk loncat ke dalam kolam, atau bisa menyewa pelampung yang disediakan oleh pengelola.

Untuk mengunjungi Kedung Pedut, Ubu Lovers harus membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil pribadi.

Tempat wisata alam Jogja ini menawarkan fasilitas lainnya seperti toilet, kamar mandi, mushola, warung-warung kecil, kedai kopi (+wifi), dan tempat parkir. Ubu Lovers bisa mengikuti beberapa petunjuk jalan yang akan mengantarkanmu menuju ke air terjun kedung pedut.

2. Bukit Klangon

Bukit Klangon adalah salah satu tempat wisata alam yang populer di Kota Yogyakarta. Lokasinya berlokasi di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583. 

Bukit Klangon juga dikenal sebagai Bukit Indah Glagaharjo, karena lokasinya yang berada di desa Glagaharjo. Tempat wisata alam Jogja ini memiliki keindahan eksotis dengan panorama Gunung Merapi yang masih aktif.

Tempat wisata alam Jogja
(sumber/pinterest)

Tempat ini buka 24 jam, sehingga Ubu Lovers bisa melakukan camping disini. Bukit Klangon memiliki berbagai spot foto indah, termasuk gardu pandang setinggi kurang lebih 5 meter dari puncak.

Untuk mengunjungi Bukit Klangon, Ubu Lovers harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Tempat ini menawarkan fasilitas camping, dengan harga Rp 15.000 per orang.

3. Puncak Sosok

Selanjutnya, Puncak Sosok adalah salah satu tempat wisata alam yang populer di Kota Yogyakarta. Lokasinya terletak di Desa Bawuran, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Puncak Sosok merupakan hasil kreatifitas pemuda setempat untuk menghidupkan wisata di daerah Pleret. Tempat wisata alam Jogja ini terkenal dengan pemandangan senja, suasana yang nyaman dan tenang.

Puncak Sosok memiliki berbagai fasilitas, seperti warung makan, taman, toilet, mushola, dan spot selfie yang menarik. Tempat ini menawarkan trek downhill.

Tempat wisata alam Jogja
(sumber/pinterest)

Untuk mengunjungi Puncak Sosok, Ubu Lovers harus membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang. Puncak Sosok buka 24 jam setiap harinya. Selain itu, terkadang ada acara khusus yang diselenggarakan oleh pengelola, seperti live music dan pesta kembang api, yang biasanya diselenggarakan untuk menyambut malam pergantian tahun.

4. Mangrove Baros

Ubu lovers, Mangrove Baros adalah kawasan Mangrove yang terletak di sepanjang muara Sungai Opak. Merupakan upaya dari masyarakat setempat untuk menyelamatkan kawasan pesisir pantai selatan yang terkena banjir dan erosi. 

Kawasan ini terletak di dua dusun, yaitu Dusun Baros dan Dusun Tegalsari, memiliki luas kawasan 132 hektar yang dibagi menjadi zona inti, zona lainnya, dan zona terbatas.

Jenis tanaman Mangrove yang ditanam di kawasan ini adalah Avicennia sp, Rhizophora sp, Bruguiera sp, dan Nypa sp. Sementara kawasan mangrove di Laguna Pengklik (Dusun Tegalsari) masih pada tahap rintisan.

(sumber/ayoglamping)

Kawasan mangrove Baros ditetapkan sebagai kawasan konservasi dengan luas keseluruhan kawasan 132 hektar. Untuk mengunjungi Mangrove Baros, Ubu Lovers harus membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000 per orang. Tempat wisata alam Jogja ini memiliki fasilitas seperti toilet, mushola, dan spot selfie yang menarik. 

Kawasan Mangrove Baros merupakan salah satu tempat wisata alam yang populer di Kota Yogyakarta. Bahkan sudah menarik wisatawan dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan dan keunikan kawasan Mangrove.

5. Ngobaran Beach

Selanjutnya, Ngobaran Beach adalah salah satu tempat wisata alam yang populer di Kota Yogyakarta. Lokasinya terletak di Gunung Kidul, sekitar 50 km Timur dari kota Yogyakarta.

Ngobaran Beach adalah pantai yang eksotis, dengan air surut yang menampilkan hamparan alga (rumput laut) berwarna hijau maupun coklat. Di sini, Ubu Lovers bisa melihat puluhan jenis binatang laut, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga beragam kerang-kerangan.

Tempat wisata alam Jogja ini menawarkan berbagai monumen seperti tempat ibadah berupa pura, sebuah Temple Balinese, dan monumen yang didedikasikan untuk King Brawijaya. 

Tempat wisata alam Jogja
(sumber/visitingjogja)

Untuk mengunjungi Ngobaran Beach, Ubu Lovers harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Tempat ini memiliki fasilitas seperti toilet, mushola, dan warung makan yang menyediakan hidangan kuliner Indonesia dan Seafood.

Ubu Lovers bisa mengunjungi tempat ibadah dan monumen lainnya yang ada di sekitar pantai.

6. Puncak Becici

Ubu Lovers, Puncak Becici adalah kawasan hutan pinus yang merupakan destinasi wisata alam di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya terletak di Desa Muntuk Kecamatan Dlingo.

Perjalanan menuju Puncak Becici bisa melewati pertigaan Patuk Jl.Jogja-Wonosari ke arah selatan sekitar 8 Km atau melewati Desa Mangunan ke kiri sekitar 5 Km ke arah Patuk Gunungkidul.

(sumber/dejogjaadventure)

Tempat wisata alam Jogja ini menawarkan pemandangan alam yang indah, termasuk pemandangan dari bukit sebelah barat. Di Puncak Becici, Ubu Lovers bisa menikmati pemandangan terbenamnya sang surya, menggunakan gazebo yang tersedia, atau di atas gardu pandang yang menempel di pohon-pohon pinus. 

Untuk mencapai puncaknya, Ubu Lovers harus berjalan kaki dari tempat parkir sekitar 300 m. Puncak Becici menawarkan fasilitas seperti warung makan dan minuman pelepas lapar dahaga, serta area untuk outbond ceria, camping, dan family gathering

Tempat wisata alam Jogja ini merupakan destinasi yang ideal untuk menikmati senja dan pemandangan sekitar.

7. Wisata Alam Kalibiru

Ubu lovers, Wisata Alam Kalibiru adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini terkenal dengan pemandangan alam yang indah dari ketinggian, seperti pemandangan waduk Sermo dan garis pantai di laut.

Kalibiru merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit yang sangat luas. Lokasi Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, yang berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta.

(sumber/wisatakalibiru)

Tempat wisata alam Jogja ini menawarkan fasilitas seperti menara dan Gardu Pandang yang berbentuk Rumah Pohon, Outbond, Flying Fox, Trekking, dan beberapa permainan lainnya. 

Ada fasilitas pendukung yang tersedia di tempat ini seperti Homestay, Penjual Makanan, Warung, Aula Joglo untuk pertemuan, toilet, mushola, dan free wifi area.

Untuk mengunjungi Wisata Alam Kalibiru, Ubu Lovers bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti ojek. Tempat ini buka mulai dari Senin – Sabtu: 07.00 – 18.00 WIB.

Untuk mengunjungi Wisata Alam Kalibiru, Ubu Lovers harus membayar tiket masuk yang berbeda-beda berdasarkan jenis fasilitas yang dipilih.

8. Gua Pindul

Selanjutnya, Gua Pindul adalah sebuah gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta.

Gua ini terkenal dengan deretan pantai cantik dan merupakan salah satu tempat wisata alam yang populer di Gunung Kidul. Wisata petualangan di Gua Pindul menggunakan ban pelampung yang diletakkan di atas sungai yang mengalir di dalam gua.

Tempat wisata alam Jogja ini memiliki aliran sungai bawah tanah dan terdapat beberapa ornamen cantik seperti batu kristal, moonmilk, stalaktit dan stalagmit yang indah.

(sumber/jurnalflores)

Gua Pindul menawarkan pemandangan cahaya surga dari atas yang muncul pukul 9.00 atau 10.00 WIB. Lokasinya berjarak hanya 1 jam dari Kota Jogja dan memiliki fasilitas seperti toilet, mushola, dan warung makan.

Untuk mengunjungi Gua Pindul, Ubu Lovers bisa menggunakan kendaraan sendiri atau menggunakan transportasi public seperti ojek. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 06.30 hingga 17.00 WIB. 

9. Perengan Park

Perengan Park adalah sebuah taman bunga yang terletak di persawahan asri di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Tempat wisata alam Jogja ini terkenal dengan suasana pedesaan asri yang indah dan menawarkan banyak spot foto menarik. Perengan Park berada di sebelah timur Jembatan Samas sekitar 1 km di tepi Jalur Lintas Selatan atau JLS.

(sumber/hipwee)

Untuk sampai Perengan Park, Ubu Lovers bisa menggunakan kendaraan sendiri atau menggunakan transportasi public seperti ojek. Tempat ini memiliki jam buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. 

10. Pantai Samas

Terakhir, Samas Beach adalah sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata alam Jogja ini terkenal dengan keindahan alam dan potensi wisata yang sangat melimpah. 

Di Pantai Samas, Ubu Lovers bisa mengikuti berbagai aktivitas seperti, Bermain ombak. Karena pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang, cocok untuk bermain ombak atau menikmati keindahan pantai.

(sumber/pinterest)

Pantai Samas menawarkan lomba-lomba seperti bermain voli, sepak bola, atau bola tenis. Pantai Samas menawarkan peluang untuk berfishing, karena adanya aktivitas air laut seperti pasang, surut, dan gelombang.

Pantai Samas menawarkan fasilitas camping, cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan suasana pesisir. Pantai Samas menawarkan berbagai daya tarik wisata seperti gua, pantai, dan aktivitas lainnya.

Wisata Boleh kemana aja, Staycation Di Ubu Villa Aja

Yuk booking Akomodasi di Ubu Villa yang estetik banget. Terdiri dari vila-vila individu yang dikelilingi oleh area persawahan, menciptakan suasana nature yang tenang.

Pilihan akomodasi mulai dari vila satu kamar hingga Villa dengan beberapa kamar yang cocok untuk keluarga atau rombongan, dijamin makin nyaman staycation bersama keluarga tercinta! Yap itu dia rekomendasi tempat wisata alam Jogja yang wajib Ubu Lovers masukan kedalam bucket list, kuy agendakan liburan! 

Tentang Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *