Home » Suraloka Interactive Zoo: Wisata Paling Cocok Untuk Keluarga di Jogja

Ingin liburan dan edukasi ke Suraloka Interactive Zoo bersama si kecil akhir pekan nanti? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Suraloka Interactive Zoo – Selain Gembira Loka, ada Kebun Binatang lain di Jogja bernama Suraloka. Suraloka Zoo Kaliurang adalah sebuah Kebun Binatang mini yang terletak di Kawasan Utara Jogja, lebih tepatnya di kawasan Kaliurang yang dikenal sebagai kaki Gunung Merapi.

Luangkan waktu untuk mengunjungi Kebun Binatang Interactive Suraloka jika Ubu Lovers berada di kawasan Sleman Yogyakarta. Sebelum kamu pergi, pelajari tentang daya tarik Kebun Binatang Suraloka, harga tiket masuk, dan informasi penting lainnya.

Kebun binatang yang terletak di Jalan Boyong nomor 97, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini baru berdiri pada tahun 2021. Menurut situs resminya, suralokazoo.com, terdapat beragam jenis hewan di sini, antara lain Mamalia, Ikan, Unggas, Amfibi, dan Reptil.

Daya Tarik Suraloka Interactive Zoo 

1. Suraloka Mini Zoo

Jadi, Suraloka Interactive Zoo menjadi daya tarik wisata utama-nya. Kawasan kebun binatang mini Zoo memiliki nuansa sejuk. Objek wisata ini menampilkan satwa-satwa dari seluruh dunia dan menawarkan berbagai wahana seru.

Kamu akan menemukan Kambing Merino, Tupai, Kereta Thomas, Wall Climbing, Area Kelinci, High Ropes, Area Bermain, Merpati,  Flying Fox, Area A.R- Interactive dan masih banyak lagi.

Suraloka Interactive Zoo
(sumber/nagantour)

Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan lucu dan menggemaskan di kawasan ini. Ubu Lovers bisa memberi makan Merpati dan berfoto dengan hewan lucu seperti Burung, Kelinci, dan, Kuda Poni.

2. Green House

Kebun Binatang Mini Suraloka memiliki Rumah Kaca, dimana para Pengunjung akan dimanjakan dengan beragam Flora Langka dari berbagai tempat. Saat memasuki tempat ini, Ubu Lovers akan disambut dengan Bunga Anggrek yang sedang mekar.

Anggrek adalah tanaman terlengkap di bangunan ini, Pengunjung bisa melihat ratusan spesies Anggrek berbeda di Green House, mulai dari Anggrek lokal hingga Anggrek non-lokal. 

Ubu Lovers juga akan menemukan tanaman dalam bentuk hampers yang sangat cantik dan unik. Semua tanaman yang ada di Green House bisa kamu beli dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 50.000.

3. Suraloka Resto & Cafe

Setelah berkeliling dan menikmati semua wahana serta melihat tanaman-tanaman yang menarik. Pengunjung bisa menikmati pemandangan Suraloka dari atas, sambil bersantap di Suraloka Resto & Cafe. 

Semua pilihan yang tersedia bisa memuaskan rasa lapar Ubu Lovers dan memulihkan Energi setelah berkeliling.

Aktivitas di Suraloka Zoo

Kebun Binatang Interactive Suraloka atau Suraloka Zoo, sesuai dengan namanya, Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa yang ada di Kebun Binatang ini.

Suraloka Interactive Zoo
(sumber/kompasiana)

1. Safari hewan 

Pengunjung bisa bertemu dengan berbagai satwa yang unik dan menarik di sini. Pemandu Suraloka Interactive Zoo akan mengajak Wisatawan berkeliling, memperkenalkan mereka kepada hewan-hewan, dan memberi informasi mengenai fakta menarik tentang spesies tersebut.

Kebun Binatang Suraloka adalah rumah bagi hampir 400 hewan dari berbagai jenis. Dimulai dari Burung, kemudian Reptil dan Amfibi. Banyaknya Satwa di Kebun Binatang Suraloka Kaliurang membuatmu bisa menjelajah dan lebih puas mempelajari berbagai jenis satwa. 

Katak Dart Racun Biru dari Brazil merupakan salah satu satwa unik. Katak biru itu menggemaskan, namun, ia sangat berbahaya karena racun di dalam tubuhnya.

2. Berinteraksi dengan hewan

Suraloka Interactive Zoo, sesuai dengan namanya, spot ini memiliki area Interactive, dimana para Pengunjung bisa berinteraksi dengan berbagai Satwa. Pengunjung bisa langsung memberi makan hewan, mengambil foto, bahkan berinteraksi dengan mereka dari dekat di area Interactive ini.

Kebun Binatang Suraloka sudah memenuhi peraturan keselamatan untuk melindungi Ubu Lovers saat berinteraksi dengan hewan, sehingga tidak perlu khawatir.

Jika kamu mengunjungi Kebun Binatang Suraloka bersama si kecil, Ubu Lovers bisa mencoba mengajaknya berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut. 

Contohnya, interaksi dengan Rusa Trotol India, Ayam Kapas, Kambing Merino, dan Kelinci. Ubu Lovers bahkan bisa mengambil foto dengan binatang seperti burung, sangat seru bukan?

3. Naik ATV

Mengendarai ATV merupakan salah satu atraksi baru dari Suraloka Zoo. Melalui Facebook resmi Suraloka Interactive Zoo, memungkinkan Pengunjung untuk memulai petualangan melalui jalur Off-Road dan sungai kecil.

4. Berburu foto Instagramable

Pihak pengelola Suraloka Interactive Zoo memberikan berbagai kesempatan berfoto Instagramable. Salah satunya adalah, patung dinosaurus. Ubu Lovers bisa mengajak anak – anak kesini untuk berfoto.

Selain itu, lampion dan bangunan berwarna-warni membuat tempat ini tampak lebih menarik dan hidup.

5. Bermain berbagai wahana 

Selain berinteraksi dengan binatang, Ubu Lovers bisa menikmati wahana di Kebun Binatang Suraloka. Dari Flying Fox, Area Wall Climbing, hingga naik kereta Thomas.

Banyaknya pilihan wahana memungkinkan Ubu Lovers memilih permainan yang aman dan sesuai. Jangan lupa untuk membaca peraturan masing-masing di arena permainan, karena berbeda satu sama lain.

6. Belanja oleh-oleh atau souvenir

Sebelum pulang, para Pengunjung bisa membeli oleh-oleh yang menarik. Mulai dari Mainan, pakaian, dan aksesoris tersedia lengkap disini. 

Spot Foto di Suraloka Zoo Jogja

Berikut beberapa Spot Foto yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Suraloka Zoo Jogja.

1. Gerbang Utama

Gerbang utama Suraloka Zoo Jogja menjadi tempat foto paling populer. Ornamen binatang dan pohon yang cantik bisa dijadikan Background Foto. Selain itu, terdapat Logo Suraloka Interactive Zoo di depan Gerbang Utama yang bisa dijadikan latar belakang.

2. Rumah kaca

Rumah kaca di Suraloka Zoo Jogja sangat cocok untuk Spot Foto, karena dipenuhi tanaman menarik yang memukau. Selain itu, terdapat area duduk di dalam rumah kaca yang bisa dijadikan backdrop foto.

3. Sangkar Burung

Sangkar burung di Suraloka Zoo Jogja menjadi salah satu spot yang cukup populer. Ada banyak burung di kawasan tersebut yang kamu foto. Selain itu, di sekitar kandang terdapat banyak ornamen yang bisa dijadikan background.

4.Taman bunga

Taman bunga Suraloka Zoo Jogja adalah spot yang sangat cocok untuk foto bersama keluarga atau teman-teman. 

Ada banyak bunga mekar cantik di taman ini, sangat menarik perhatian. Selain itu, ada beberapa dekorasi di taman bunga yang bisa dijadikan background foto.

Ragam Satwa di Suraloka Zoo 

Kalau tidak mengulas tentang keanekaragaman Satwa di Suraloka Zoo, setelah membahas mengenai Lokasi, Tarif Masuk, dan Wahana, rasanya ada yang kurang. 

Kebun binatang ini memiliki berbagai macam satwa, termasuk Mamalia, Burung, Amfibi, Dan Reptil.

1. Mamalia

Mamalia yang ada di Kebun Binatang Suraloka antara lain adalah Guinea Pig, yang merupakan keturunan tikus namun lebih mirip hamster (uniknya dikenal dengan nama Tikus Belanda padahal berasal dari Amerika), Banded Mongoose atau dikenal dengan nama Luwak Pita.

(sumber/travelkompas)

Tidak hanya Luwak Pita, Landak Mini Albino yang super menggemaskan, Kuda Poni yang dikenal suka bersosialisasi, Kambing Merino, dan Monyet Terkecil bisa kamu jumpai disini.

2. Satwa Unggas 

Burung Merak Biru dari India, Kakatua Mollucan dengan kekuatan vokalnya yang luar biasa, Kakatua Hitam dari Papua dan Australia, Burung Conour Matahari, Burung Sun Conure, dan Burung Hantu Tyto Alba adalah hewan-hewan unggas yang ada di kebun binatang ini.

3. Satwa Reptil

Ball Python, salah satu ular peliharaan paling populer di dunia, Kura-kura Sulcata, Bearded Dragon, Soa Layar si Kadal Air, Bunglon, hingga Tegue Merah adalah beberapa hewan reptil yang tersedia di kebun binatang ini.

4. Satwa Amfibi 

Kura-kura Red Cherry yang memiliki sisik merah di kepalanya, Blue Poison Dart Frog, Kura-kura dada merah, Katak Dumpy, atau biasa dikenal sebagai Katak pesek, Katak Pacman, dan Katak African Bullfrog termasuk hewan Amfibi yang bisa kamu jumpai di Suraloka Interactive Zoo.

Fasilitas di Kebun Binatang Suraloka

Pihak pengelola menyediakan Fasilitas yang cukup lengkap untuk menjamin setiap Pengunjung merasa nyaman dan aman saat berwisata. Fasilitas Suraloka Interactive Zoo antara lain sebagai berikut:

  • Area parkir luas: Ubu Lovers tidak perlu khawatir mencari tempat parkir, karena tersedia lahan yang luas. 
  • Pusat Informasi Destinasi: Pusat informasi akan memberi Ubu Lovers informasi terkini tentang Binatang, Wahana, dan Aktivitas di kebun binatang. Tim yang membantu di sini sangat Fast Respon dalam menjawab pertanyaan Ubu Lovers.
  • Toilet: tersedia toilet bersih di Suraloka Interactive Zoo, jadi Anda bisa berwisata dengan nyaman.
  • Mushola: Memiliki musala di objek wisata ini sangat bermanfaat bagi kalangan yang membutuhkan tempat ibadah.
  • Foodcourt: Jika kamu lapar setelah berkeliling, Ubu Lovers bisa pergi ke Foodcourt untuk membeli makanan dan minuman. 
  • Toko oleh-oleh dan Souvenir: Jika Ubu Lovers ingin membawa souvenir dari tempat wisata, mampirlah ke pusat oleh-oleh, yang menyediakan berbagai pilihan produk menarik

Biaya parkir Suraloka Interactive Zoo adalah sebagai berikut:

  • Sepeda Motor: Rp 3.000 
  • Mobil: Rp 5.000.
  • Elf/Hiace: Rp 15.000 untuk elf atau hiace.
  • Minibus: Rp. 20.000 untuk minibus.
  • Bus sedang: Rp. 25.000.
  • Bus besar: Rp. 30.000 

Lokasi, Tiket Masuk, dan Jam buka

Cara menuju tempat wisata ini cukup mudah, cukup gunakan Google Maps untuk menuju kesana, atau rute tercepat menuju Suraloka Interactive Zoo adalah melalui Kaliurang.

Sesampainya di Taman Rekreasi Kaliurang, kamu bisa belok kiri menuju Kaliurang Barat, mengikuti petunjuk arah menuju Hotel Griya Persada. Kebun Binatang Suraloka berada tepat di seberang hotel.

  • Lokasi: Jl. Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55585 
  • Harga Tiket Masuk: berkisar antara Rp 28.000 hingga Rp150.000.
  • Jam Buka: 09.00-17.00 WIB (Setiap Hari)

Kebun Binatang Suraloka menawarkan berbagai fasilitas menarik yang membantu anak-anak mengembangkan kecerdasan Naturalis-nya. Individu dengan kecerdasan Naturalistik yang tinggi akan terpesona dengan Tumbuhan, Hewan, dan Alam Semesta.

  • Net & Wall Climbing: Gratis
  • Area Merpati:  Gratis
  • Area Kelinci: Rp 10.000
  • Foto Burung: Rp 10.000
  • Foto Iguana: Rp 10.000
  • Kereta Thomas: Rp 15.000
  • Game Augmented Reality Interaktif: Rp 25.000
  • High Rope: Rp 20.000
  • Flying Fox: Rp 30.000
  • Kuda Sandel: Rp 30.000
  • Kuda Poni: Rp 50.000
  • Indoor Playground: Rp 40.000 (tambah Rp10.000 bila tidak memakai kaus kaki)

Anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan beberapa Hewan, seperti memberi makan. Suraloka Interactive Zoo menawarkan berbagai makanan hewan hanya dengan membayar Rp 5.000.

Ubu Lovers juga bisa membeli paket tiket masuk dan wahana-nya. Harganya tetap sama, namun ada bonus Interactive Augmented Reality Game atau memotret Iguana. Penawarannya cukup menarik bukan?

  • Paket 1: Rp 55.000 (tiket masuk, bonus Game AR Interaktif, Area Kelinci, Kereta Thomas) 
  • Paket 2: Rp 80.000 (tiket masuk, bonus berfoto dengan Iguana, High Rope, Flying Fox) 
  • Paket 3: Rp 150.000 (tiket masuk, Flying Fox, Foto Burung, Kereta Thomas, High Rope, Playground, bonus Game AR Interaktif) 

*Tinggi badan minimal untuk wahana Flying Fox dan High Rope adalah 130 cm, dan berat maksimal 70 kg.

Kebun Binatang Suraloka memiliki keanekaragaman Spesies yang luar biasa. Apakah kamu tertarik mengunjungi Suraloka Interactive Zoo ketika liburan di Yogyakarta? Dijamin gak akan nyesel, masukan Bucket List, ya!

Tentang Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *