Home » Puncak Kosakora: Camping Romantis di Pantai Selatan

Puncak Kosakora menjadi destinasi wisata Alam yang memukau, nikmati Sunrise serta Sunset dari ketinggian, healing banget!

Puncak Kosakora – Yogyakarta adalah salah satu Destinasi Wisata dengan Pemandangan menakjubkan. Yogyakarta menawarkan wisata Pantai dan Gunung. Puncak Kosa kora adalah destinasi wisata populer di Kabupaten Gunung Kidul, karena keindahan alamnya. Dari ketinggian, Ubu Lovers bisa menikmati keindahan Pantai dan airnya.

Puncak Kosa kora adalah Destinasi Wisata dengan Pemandangan Spektakuler. Kamu akan menikmati keindahan Alam yang tidak akan pernah bosan dilihat. Selain itu, masih ada hal seru lainnya yang bisa diikuti selama mengunjungi Destinasi Wisata Pantai Yogyakarta ini.

Sekilas Tentang Puncak Kosakora

Saat berkunjung ke kawasan Gunung Kidul, selalu meninggalkan kenangan indah. Pantai di lingkungan ini terkenal dengan keindahan dan Pemandangannya yang memukau. 

Tak kalah dari Pantai-pantai di Bali dan Lombok. Puncak Kosa kora juga mempunyai Pemandangan menakjubkan yang tidak akan mengecewakan Pengunjungnya.

Puncak Kosakora adalah Bukit Batu Karst yang memerlukan tantangan tersendiri untuk didaki. Sebaliknya, Pemandangan dari Puncak Kosa kora tidak akan mengecewakan.

(sumber/jogjakita)

Hamparan laut dan pantai yang bisa Ubu Lovers lihat dari atas tentunya akan memberikan kesan berbeda dibandingkan tempat wisata lainnya. Puncak Kosa kora sendiri tidak sekadar indah.

Ubu Lovers bisa ikut berbagai aktivitas menarik dan menantang. Jika Ubu Lovers ingin menikmati aktivitas sambil mengagumi keindahan alam Puncak Kosakora yang luar biasa, inilah lokasinya.

Pemandangan alam yang tersaji di Puncak Bukit setinggi 50 meter di atas permukaan laut ini cukup mempesona. Entah darimana istilah Kosa kora untuk Puncak Bukit ini berasal, namun ketika Pengunjung datang, mereka akan menemukan sebuah tiang dengan Bendera Nasional Indonesia, Merah Putih, dengan tulisan Puncak Kosa kora di atasnya.

Ada kepercayaan yang diturunkan secara turun-temurun oleh masyarakat setempat. Tempat ini dikenal dengan nama Lemah Sangar. Keyakinan ini menyatakan bahwa mendirikan bangunan dilarang di kawasan dataran tinggi. Selama ini belum ada satupun Bangunan di Kawasan Wisata tersebut yang hanya dipenuhi Rumput dan Pandan laut.

Aktivitas Seru di Puncak Kosa kora

Berlibur ke Puncak Kosakora akan memberikan Ubu Lovers pengalaman yang berbeda. Tak hanya bisa menikmati keindahan alam saja, Ubu Lovers bisa mengikuti beragam aktivitas seru. Berikut beberapa hal menarik yang bisa Ubu Lovers lakukan di Puncak Kosa kora:

1. Trekking Menuju Puncak Kosa kora

Perlu Ubu Lovers ketahui bahwa dibutuhkan setidaknya 2 kilometer untuk sampai Puncak Kosakora. Ubu Lovers pasti tahu bahwa jarak ini cukup jauh. Namun perjalanan akan cukup menyenangkan karena lingkungan di sekitar Jalur Trekking masih sangat asri.

(sumber/kartanesia)

Setidaknya dibutuhkan waktu 30 menit untuk menuju Puncak Kosa kora. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengunjungi Puncak Kosa kora saat kondisi tubuh sedang Prima. Karena Trekking selama 30 menit itu sulit, apalagi perjalanan menuju Puncak Kosa kora.

2. Pemandangan indah dalam perjalanan menuju Kosa kora

Ada beberapa hal menarik yang bisa disaksikan dalam perjalanan menuju Bukit Tertinggi Kosa kora. Belukar di kedua sisi jalan menawarkan Pemandangan Pegunungan Selatan atau Gunung Kidul yang spektakuler. 

Selain itu perjalanan menuju Kosakora bisa ditempuh dari Pantai Drini. Perjalanan wisata dimulai dari bukit sebelah timur pantai Drini. Terdapat tanda penunjuk arah Kosa kora yang menguraikan jalur jalan kaki menuju Bukit Kosa kora.

(sumber/visitingjogja)

Selain Flora Alam yang bisa kamu temukan di sepanjang perjalanan, ada juga bukit pertama yang bisa kamu singgahi. Dari atas kamu bisa menikmati Pemandangan pantai Drini yang indah. Perjalanan menuju bukit ini cukup sulit karena medan yang dilalui cukup terjal, oleh karena itu kamu harus berhati-hati saat melintasinya.

3. Istirahat dan makan di pinggir pantai terlebih dahulu, lalu naik ke Bukit Kosa kora

Sesampainya di bawah, akan terlihat padang rumput yang cukup luas dan menghijau. Beberapa petani terlihat sedang menggembalakan kambingnya di sekitar padang rumput ini. 

Sesampainya di padang rumput ini masih ada satu bukit lagi yang harus didaki sebelum mencapai Puncak Kosakora. Akan menjadi perjalanan yang luar biasa jika Ubu Lovers berwisata ke bukit ini bersama teman dan keluarga. 

Bukit berikutnya yang ditemui tidak setinggi atau curam seperti bukit sebelumnya. Kamu bisa melihat Pantai Watu Bolong dan bebatuan karang yang mempercantiknya dari sana.

(sumber/paketwisatajogja)

Beberapa menit kemudian, Ubu Lovers menemukan papan bertuliskan Bukit Kosa kora dan Pantai Ngrumput. Kamu cukup mengikuti petunjuk tersebut, dan setelah beberapa menit, kamu akan disuguhi Pemandangan Pantai Ngrumput yang menakjubkan.

Pantai Ngrumput tergolong masih alami dan pulau ini terbilang perawan. Karena hanya sedikit orang yang mengetahuinya dan hanya sedikit Pengunjung yang datang ke pantai Ngrumput ketika liburan di Jogja. 

Pantai Ngrumput memiliki Pasir Putih, Ombak Lembut, dan dua tebing di kedua sisinya. Kedua tebing tersebut menambah daya tarik pantai Ngrumput yang masih alami. 

Ada berbagai Kios Ngrumput Tepi Pantai yang mungkin bisa memuaskan rasa lapar Ubu Lovers. Sekadar istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju bukit impian Kosakora.

4. Puncak Kosa kora adalah puncak tertinggi Gunungkidul dengan padang rumput yang indah.

Pendakian ke Kosakora hampir selesai, tinggal menunggu waktu saja. Di Jogja, perjalanan wisata menuju ke sana dikenal dengan istilah wisata petualangan. 

Perjalanan menanjak memang berat dan terjal, namun Pemandangan di setiap sisinya begitu indah hingga Ubu Lovers akan melupakan rasa lelah sejenak. 

Di sisi kanan dan kiri jalur Puncak Kosa kora, medannya terbilang terjal. Oleh karena itu, diberikan gagang bambu untuk memudahkan pendakian. Pembatas bambu ini bisa berfungsi sebagai pegangan tangan saat Ubu Lovers mendaki Bukit Kosa kora.

(sumber/pidjar)

Sesampainya di bukit, Mimin Uvi disambut dengan Pemandangan sawah yang hijau subur. Padang rumput ini memiliki Pemandangan yang indah dan luas. 

Pemandangan indah semenanjung pantai selatan bisa dilihat dari puncak ini. Selain itu, terdapat Pemandangan bukit-bukit kecil yang tersembunyi. Ada berbagai pantai yang sangat indah jika dilihat dari puncak Kosa kora.

5. Melihat Pemandangan menakjubkan Pantai Gunung Kidul dari Puncak Kosa kora

Puncak bukit tertinggi di kawasan Gunung Kidul diklaim adalah Puncak Kosakora. Letaknya tak jauh dari Pantai Drini Gunungkidul, salah satu pantai dengan pasir putih yang memukau. 

Bukit Kosa kora juga berdekatan dengan Pantai Ngrumput yang masih dalam tahap awal. Puncak Kosa kora akhir-akhir ini mulai terkenal dan banyak dikunjungi Wisatawan sebagai salah satu tempat wisata Gunungkidul. 

Karena untuk mencapai tempat ini memerlukan usaha khusus, bukit ini paling cocok bagi mereka yang bermental Petualang. Jalan menuju Gunung Kidul memang tidak semulus menuju tempat wisata ternama lainnya.

6. Berkemah di Puncak Kosa kora

Jika Ubu Lovers senang berkemah, Puncak Kosa kora bisa menjadi tempat yang cocok untuk menginap. Tentu saja ada alasan lain mengapa Puncak Kosa kora menjadi destinasi berkemah yang populer, salah satunya adalah Pemandangannya yang menakjubkan.

Tak hanya itu, Puncak Kosa kora jarang dikunjungi. Mungkin karena perjalanan menuju puncaknya sendiri cukup berat, harus mendaki sejauh 2 kilometer. Ubu Lovers bisa mendirikan tenda di puncak yang sudah ada lokasinya. Jangan khawatir, Puncak Kosakora juga menawarkan penyewaan tenda.

7. Menikmati keindahan Sunrise dan Sunset

Keindahan Sunrise dan Sunset menjadi salah satu daya tarik Puncak Kosakora. Inilah sebabnya banyak orang yang lebih memilih berkemah di Puncak Kosa kora. Karena Ubu Lovers bisa melihat Sunrise dan matahari terbenam di hari yang sama.

Saat musim kemarau, Ubu Lovers akan bisa menyaksikan fajar dan matahari terbenam. Saat musim kemarau, langit cukup cerah dan matahari terbenam serta fajar bisa terlihat dengan baik.

8. Hunting Foto

Tempat ini bisa menjadi alternatif tujuan berburu bagi Ubu Lovers yang hobi fotografi lanskap. Puncak Kosakora memiliki beragam peluang fotografi yang spektakuler. Memotret hamparan lautan luas sementara deburan ombak menghantam tebing karang.

Tak hanya itu, Ubu Lovers bisa memotret Pantai Drini dan Ngrumput. Berfoto selfie adalah aktivitas menyenangkan lainnya di puncak bukit. Bergaya di depan kamera dengan latar belakang laut terbuka tentu akan menghasilkan gambar-gambar modern untuk dibagikan ke Media Sosial.

Fasilitas Puncak Kosa kora 

Puncak Kosakora, salah satu tempat wisata Yogyakarta yang paling menonjol, dan menawarkan berbagai fasilitas. 

Hal ini akan membuat kunjungan Ubu Lovers ke destinasi wisata ini jauh lebih nyaman. Beberapa fasilitas yang tersedia di Puncak Kosa kora antara lain:

  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Warung makan
  • Camping ground

Tips Liburan ke Puncak Kosa Kora

Buat Ubu Lovers yang ingin berlibur atau jalan-jalan ke Puncak Kosa kora, berikut beberapa rekomendasi liburan asyik dan seru yang bisa kamu jadikan referensi sebelum berlibur!

Pendakian menuju Puncak Kosakora membutuhkan stamina yang kuat, oleh karena itu pastikan tubuh Ubu Lovers dalam keadaan prima dan membawa bekal makanan dan air yang cukup, karena perjalanan ini akan menguras tenaga Ubu Lovers.

Saat cuaca mendung atau hujan, hindari datang kesini. Karena jalur yang Ubu Lovers tempuh akan membawamu menuju Puncak Kosa kora. Destinasi ini adalah jalur yang masih cukup alami, dengan medan berbukit dan bebatuan karang yang tajam, oleh karena itu berhati-hatilah saat hujan.

(sumber/yanacircle)

Puncak Kosa kora paling cocok dikunjungi pada pagi atau sore hari, karena Ubu Lovers bisa melihat matahari terbit dan terbenam dari sana. Karena kamu akan berjalan di medan yang menantang dengan banyak bebatuan bergerigi, kenakan alas kaki yang nyaman dan aman agar kaki Ubu Lovers tidak cedera.

Disarankan agar Ubu Lovers menyewa kendaraan pribadi agar lebih mudah melihat tempat wisata. Jangan lupa untuk membawa barang-barang pribadi dan kamera untuk mengabadikan kenangan liburanmu dan menjadikannya semakin berkesan. Kenakan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari langsung.

Lokasi, Jam Buka, dan Tiket Masuk 
  • Lokasi: Area Hutan, Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
  • Jam Buka: Setiap hari, 24 jam 
  • Tiket Masuk: Rp 10.000.

Jika ingin berkunjung ke Puncak Kosa kora, lokasinya berada di Kawasan Hutan Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 25 kilometer dan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota.

Ubu Lovers bisa mengunjungi Kosakora sewaktu-waktu karena buka 24 jam. Namun jika berniat berkemah, harus mendapat izin terlebih dahulu dari pihak pengelola. Sedangkan tiket masuk Puncak Kosa kora hanya Rp. 10.000. Sedangkan untuk menyewa tenda biayanya antara Rp. 60.000 dan Rp. 100.000.

Puncak Kosakora mempunyai daya tarik yang luar biasa, bagaimana Ubu Lovers, berencana berkemah di akhir pekan nanti? 

Tentang Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *