Home » Panduan Lengkap Bagaimana Memilih Destinasi Wisata Yang Tepat Untuk Liburan Anda

Blog.ubuvilla.com – Memilih destinasi wisata yang tepat untuk liburan dapat menjadi tugas yang menantang, apalagi klo dipilih jadi PIC di kantor 😂 Namun, dengan melakukan beberapa persiapan dan riset kecil, kalian bisa dengan mudah menemukan destinasi yang tepat yang dapat memenuhi kebutuhan dan sesuai keinginan selama liburan.

Ngomong-ngomong Ubu Lovers ada yang lagi buat persiapan liburan ngga ini, Mimin Uvi mau kasih sedikit panduan memilih destinasi wisata bagaimana nyari dan milih destinasi wisata yang tepat buat liburan. Yuk simak tips dari Mimin Uvi yaaaa

Tentukan tujuan dan kegiatan yang Ubu lovers ingin lakukan selama liburan

Menentukan tujuan dan kegiatan yang ingin dilakukan selama liburan merupakan langkah pertama yang harus Ubu Lovers ambil untuk memilih destinasi wisata yang tepat. Ini akan membantu kalian memilih destinasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian selama liburan.

Misalnya, jika Ubu Lovers mau menikmati keindahan alam pegunungan, maka kalian dapat mengunjungi destinasi wisata seperti di Bromo, Semeru atau Renjani. Di sana, kalian dapat menikmati keindahan gunung-gunung yang terhampar luas, serta mencoba berbagai kegiatan seperti mendaki, bersepeda, dan berkuda.

Staycation di Ubuvilla Borobudur
Nikmatnya berlibur ke Borobudur sambil menikmati perjalanan VW yang seru (sumber/blog.ubuvilla)

Jika Ubu Lovers ingin menikmati keindahan pantai yang indah dan berenang di laut, maka kalian dapat memilih wisata seperti Bali atau Lombok. Banyak destinasi wisata pantai yang indah. Kegiatannya pun juga sangat banyak dan seru seperti snorkeling, diving, dan surfing.

Nah kalau Ubu Lovers lagi nyari wisata budaya dan sejarah yang kaya, maka kalian dapat mengunjungi Yogyakarta. Banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah dan museum-museum yang menyimpan berbagai benda dan artefak yang menarik. Kalian juga dapat mencoba berbagai kegiatan seperti mempelajari sejarah di Kraton, atau di museum Ulen Sentalu.

selalu cek cuaca di kota yang akan ubu lovers kunjungi

Panduan memilih destinasi wisata selanjutnya adalah mengecek kondisi cuaca di kota tujuan yang menurut Mimin adalah yang terpenting, emang kenapa? ya gimana seh klo udah punya banyak plan tau tau hujan, kan ngga seru yaa. Ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri dengan benar dan memastikan bahwa kalian datang pada saat yang tepat untuk jalanin semua kegiatan yang udah direncanakan.

Panduan memilih destinasi wisata
Musim hujan bukan halangan untuk tetep staycation (sumber/bmkg)

Misalnya Ubu Lovers mau pergi ke Bali saat musim kemarau, kalian harus mempersiapkan diri dengan membawa sunblock dan topi untuk melindungi diri dari panas matahari. Jika Ubu Lovers berencana untuk mengunjungi Jogja saat musim penghujan, pastinya ada beberapa destinasi wisata yang kurang pas untuk dikunjungi, atau saat ombak sedang musim pasang pasti wisata pantai kurang menarik untuk dikunjungi karena tidak bisa berenang.

Secara keseluruhan, memeriksa cuaca di destinasi yang akan Ubu Lovers kunjungi sebelum liburan dapat membantu kalian mempersiapkan diri dengan benar dan menghindari masalah yang mungkin terjadi selama liburan.

Cari tahu tentang semua biaya di destinasi wisatanya

Sebelum liburan, sangat penting untuk mempersiapkan biaya yang dibutuhkan selama liburan nanti. Apalagi kalian akan berlibur atau staycation untuk waktu yang cukup lama misalnya satu minggu.

Untuk mempersiapkan biaya liburan, pertama carilah informasi tentang semua biaya di destinasi wisata kalian. Ini termasuk biaya akomodasi, makanan, transportasi, dan kegiatan yang ingin Ubu Lovers kerjakan di sana. Jika kalian berencana untuk mengunjungi destinasi wisata yang mahal, ada baiknya kalian persiapkan dengan lebih matang.

Mengatur pengeluaran liburan akan terbantu dengan data biaya destinasi wisata yang lengkap (sumber/pexels)

Setelah kalian mengetahui berapa banyak biaya yang dibutuhkan, tentukan berapa banyak uang yang kalian miliki dan berapa banyak yang harus kalian sisihkan untuk liburan Anda. Yaaa lumayan kan klo bisa berlibur tanpa mengganggu sirkulasi keuangan utama kalian. Mimin Uvi kasih tips coba kalian cek barang yang tidak lagi dipakai di rumah, siapa tau masih bisa dijual, lumayan buat tambahan biaya liburan kalian.

Secara keseluruhan, mempersiapkan biaya sebelum liburan akan sangat membantu Ubu Lovers untuk menghindari kekurangan uang saat wisata nanti. Satu lagi sepertinya bijak kalau kalian bisa simpan untuk kebutuhan mendadak, jangan lupa sedia payung sebelum hujan Ubu Lovers yaaa 😍

Baca ulasan dan saran dari orang lain Di Google Review

Sampai saat ini Google review masih menjadi acuan bagi siapapun untuk melihat ulasan suatu produk. Pun begitu dengan tempat wisata, membaca ulasan tentang suatu destinasi wisata sebelum berlibur ke sana menurut Mimin Uvi penting karena ini dapat memberi kalian gambaran dan pertimbangan sebelum memutuskan untuk berlibur ke destinasi wisata pilihan sementara Ubu Lovers.

Panduan memilih destinasi wisata
Ulasan Google untuk destinasi wisata Heha Ocean View (sumber/gogle)

Selain itu, membaca ulasan juga dapat memberikan kalian informasi tentang kekurangan atau masalah yang mungkin terjadi di suatu destinasi wisata. Misalnya, jika kalian berencana untuk belibur ke Bali dan membaca ulasan di beberapa destinasi wisata tentang kemacetannya, mungkin kalian bisa mengganti destinasi wisata lain yang lebih sepi untuk menghindari kemacetan.

Intinya, membaca ulasan tentang suatu destinasi wisata sangat Mimin Uvi rekomendasikan bagi Ubu Lovers untuk tahu keadaan lokasi wisatanya. Jangan lupa juga lihat foto-foto yang diunggah di Google review buat nyari spot foto yang instagrammable di sana.

Pastikan untuk membawa semua dokumen yang diperlukan

Membawa dokumen seperti paspor saat liburan sangat penting karena dokumen tersebut dapat kalian gunakan sebagai bukti identitas.. Ini bisa sangat berguna di saat-saat tertentu seperti ketika tertinggal, kehilangan tas, atau jika kalian mengalami masalah dengan pihak berwenang selama perjalanan.

Selain itu, membawa dokumen penting juga dapat membantu Ubu Lovers dalam mengatur keuangan selama liburan. Dokumen seperti buku tabungan atau kartu kredit dapat membantu kalian dalam mengakses uang tunai ataupun membantu pembayaran secara cashless atau non tunai.

Saatnya tentukan kota tujuan dan destinasi wisata pilihan

Setelah selesai dengan semua panduan memilih destinasi wisata di atas, Ubu Lovers sekarang pasti lebih yakin untuk memilih kota mana yang akan dituju juga daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi. Bagi kalian yang mau berlibur atau staycation di Jogja mimin mau kasih rekomendasi villa menginap privat yang ada kolam renang pribadinya.

Kalau kalian tertarik untuk berkunjung ke Ubu Villa, silahkan cek daftar Ubu Villa dengan semua fasilitas dan tempat wisata yang ada di sekitarnya. Sampai ketemu di Jogja Ubu Lovers 😍

Tentang Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *