Home » Wisata Alam Jogja Dengan Pemandangan Indah Wajib Dikunjungi 2024

Wisata alam Jogja tidak pernah luput dari para wisatawan yang hobi explore, mulai dari pantai, pegunungan hingga taman bunga, yuk cek selengkapnya disini!

Seperti yang kita tahu, kota gudeg ini memiliki berbagai wisata alam Jogja yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Sepanjang liburan nanti, kamu bisa pergi ke sana bersama keluarga, teman dan orang-orang tersayang.

Wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya di Kota Gudeg bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang memiliki pemandangan alam

Penuh Pesona, Ini Dia Rekomendasi Wisata Alam Jogja Terbaru 2024

Berikut tempat wisata di Yogyakarta dengan pemandangan alam yang indah dan wajib dikunjungi:

1. Obelix Hills

Jika kamu ingin merasakan wisata alam Jogja dengan suhu sejuk, datanglah ke Obelix Hills yang buka dari hari Senin hingga Jumat mulai pukul 10 pagi sampai 21 malam. Dan Sabtu sampai Minggu pukul 07.00 hingga 21.00. WIB.

(sumber/pinterest)

Destinasi wisata dengan pemandangan panorama ini dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu tiket masuk hanya Rp15.000 per orang pada weekday dan Rp20.000 pada akhir pekan. Disini ada 30 spot foto menarik bagi para wisatawan. Suasana Obelix Hills di malam hari juga tak kalah memukau, dengan lampu hias di berbagai area.

2. Geblek Menoreh View

Wisata alam Jogja ini menyuguhkan pemandangan persawahan yang menakjubkan serta pilihan tempat makan berbentuk angkringan tradisional khas Yogyakarta. Di lokasi ini, angkringan menyajikan beragam menu yang mencakup 10 hingga 15 jenis nasi serta lauk pauk seperti sate, bakwan, tempe, dan lain-lain.

wisata alam Jogja
(sumber/liburanyuk!)

Harga yang diberikan juga cukup murah, mulai dari Rp1.000 hingga Rp8.000 untuk mencoba santapan di angkringan. Geblek Menoreh View buka mulai pukul 07.00 hingga 19.00. WIB.

3. De Mangol

De Mangol merupakan salah satu wisata alam Jogja yang memiliki fasilitas lengkap dan pemandangan menakjubkan. Destinasi ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB yang menyuguhkan panorama perbukitan dan Gunung Merapi. Lokasinya ada di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro KM 1.4, Sumber Tetes, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

4. Tumpeng Manoreh

Yogyakarta juga memiliki restoran unik berbentuk segi enam di Bukit Menoreh. Alamat lengkap destinasi ini yaitu Desa Ngargoretno, Kulon Progo, Yogyakarta dan buka selama 24 jam.

(sumber/pinterest)

Pengunjung lokasi ini bisa menyaksikan pemandangan empat gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Sindoro. Tiket masuk Tumpeng Menoreh seharga Rp 50.000, yang nantinya bisa ditukarkan dengan makanan dan minuman.

5. Taman Watu Cafe & Resto

Wisata alam Jogja ini menyajikan makanan laut yang lezat sekaligus memberikan pemandangan pantai yang menakjubkan. Menunya dimulai dengan beragam seafood laut, seperti lobster, kakap, kerang, dan hidangan lezat lainnya.

Sebagai destinasi wisata alam, terdapat pula lokasi berfoto berbentuk gazebo yang bisa digunakan untuk mengabadikan kenangan bersama teman atau keluarga. Jam buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 19.00 WIB, setiap hari kecuali hari libur.

6. HeHa Ocean View

Di dekat Taman Watu Cafe & Resto ada tempat wisata instagramable bernama HeHa Ocean View. Jika HeHa Sky View menyuguhkan pemandangan perbukitan, di sini Ubu Lovers bisa menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Sebagai tempat wisata di Gunung Kidul, fasilitasnya sangat lengkap, antara lain tempat makan dan minum, angkringan, mushala, kamar mandi, taman untuk bersantai, panggung musik, dan berbagai spot foto menarik.

Tempat ini buka pada hari Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB, dan pada akhir pekan mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. harga makanan di restoran berkisar antara Rp5.000 hingga Rp20.000, sedangkan masakan angkringan lebih murah yaitu mulai dari Rp5.000 hingga Rp7.000.

wisata alam Jogja
(sumber/pinterest)

Harga tiket masuknya berkisar antara Rp15.000 hingga Rp20.000 per orang. Dengan tarif tersebut, Ubu Lovers bisa leluasa menikmati pemandangan dari HeHa Ocean View.

7. HeHa Sky View

Wisata alam Jogja ini menjadi destinasi yang populer dan banyak dikunjungi oleh anak muda. Kebanyakan pengunjung lokasi ini ingin berfoto di berbagai lokasi menarik seperti Sky Bridge, Sky Plane, Sky Glass, Wall Climbing, Sky Balloon, Suparman, dan Sky Love.

Tempat wisata di Gunung Kidul ini buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB untuk hari Senin sampai Jumat. Kemudian pada hari Sabtu dan Minggu beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Harga tiketnya pun relatif terjangkau, berkisar antara Rp15.000 hingga Rp20.000 per orang.

8. Bukit Lintang Sewu

Akomodasi bergaya glamping ini terletak di hutan pinus yang indah. Pengunjung bisa merasakan sensasi sejuk tidur di tengah hutan. Bukit Lintang Sewu terletak di Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, dan memakan waktu sekitar satu jam perjalanan dari Yogyakarta.

Bagi Ubu Lovers yang senang mengabadikan kenangan bersama teman, kekasih, atau keluarga, kamu bisa memotret dalam berbagai bentuk, seperti rumah terbalik, photo booth dengan tempat tidur, spot berbentuk bintang, dan lain sebagainya.

(sumber/pinterest)

Tiket wisata alam Jogja ini hanya Rp 5.000 per orang, dengan tambahan Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jam bukanya mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

9. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam sekaligus perbukitan dan pantai. Lokasinya berada di kawasan pesisir Gunungkidul, Yogyakarta, yakni kawasan hutan Purwodadi, Tepus.

Bukit Pengilon adalah pilihan terbaik jika kamu sedang mencari lokasi wisata di Yogyakarta dengan pemandangan menakjubkan. Wisatawan yang berkunjung kesini biasanya lebih memilih berkemah untuk menikmati pemandangan alam. Karena wilayah ini masih terisolir, akses jalan sulit terutama saat hujan, jalan tanah yang ada tidak mudah untuk dilewati.

10. Desa Wisata Kaki Langit

Yogyakata juga memiliki dusun wisata yang menyajikan beragam kuliner tradisional khas Kota Budaya. Kamu bisa mencicipi masakan tradisional seperti gudeg manggar, thiwul, kicak, cemplon, sayur bobor, sayur jambu mete, sambal terong, sambal bawang dan lain-lain.

Disarankan pengunjung datang pada pagi hari, antara pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. Meski buka 24 jam sehari, sebagian besar makanan biasanya habis pada sore atau malam hari.

11. Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah wisata alam Jogja yang ada di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di pinggiran jalur utama Yogyakarta-Wonosari. Destinasi ini cocok untuk kamu yang mencari wisata alam dengan pemandangan menakjubkan.

Kita bisa bermalam di sini dan menikmati pemandangan Yogyakarta dari atas. Pengunjung juga bisa mencicipi beragam kuliner, mulai dari jajanan kaki lama hingga menu ala restoran.

12. Pinus Pengger

Ada beberapa wisata hutan pinus yang tersedia di Yogyakarta, salah satunya adalah Pinus Pengger. Destinasi ini menawarkan berbagai spot foto menarik dengan latar lampu kota yang indah, dan yang paling terkenal berupa ranting-ranting pohon dengan bentuk seperti bulat, cinta, segitiga, dan lain-lain.

wisata alam Jogja
(sumber/visitingjogja)

Selain bisa berfoto dengan latar belakang perkotaan, ada pula fasilitas lainnya yang bisa dicoba seperti flying fox, berkemah, bersepeda hutan, hingga jelajah alam.

13. Puncak Soko

Puncak Sosok juga menjadi salah satu wisata alam Jogja yang menawarkan pemandangan indah terutama pada malam hari.

Disini ada berbagai ragam hiburan, seperti live musik akustik. Jarak dari Kota Yogyakarta hanya kurang lebih 15 km dan dapat ditempuh dengan sepeda motor, kendaraan pribadi atau minibus. Ketika sore menjelang, kamu bisa menikmati pemandangan alam dengan lampu-lampu kota dan pepohonan.

14. Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang memiliki pahatan tebing yang sangat indah. Ada berbagai lokasi dengan tumpukan anak tangga dan ukiran lainnya, seperti patung ular, yang mungkin bisa dijadikan spot foto menarik bagi pengunjung.

Sayangnya jarak dari kota Jogja sekitar 17 km. Meski begitu, lokasi ini selalu digemari wisatawan yang ingin menyaksikan kemegahan tebing putih.

15. Goa Pindul

Wisata alam Jogja yang terletak di Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta ini terkenal di kalangan pecinta alam luar ruangan. Goa Pindul sendiri menawarkan daya tarik utama yaitu menyusuri gua dengan ban pelampung. Panjang goa ini sekitar 350 meter dan saat menyusuri aliran sungai di dalam goa, ada bagian yang sempit dan luas.

wisata alam Jogja
(sumber/pinterest)

Saat melewati bagian yang sempit, Ubu Lovers harus mengantri untuk melewatinya satu per satu. Penelusuran tersebut akan memakan waktu sekitar satu jam. Lalu biaya masuk per orang sekitar Rp 40.000. Terlepas dari hal itu, pastikan untuk memeriksa informasi lebih lanjut karena tarif dapat berubah sewaktu-waktu.

16. Pantai Nglambor

Wilayah Gunungkidul memiliki pantai indah bernama Nglambor yang cocok untuk snorkeling. Harga tiket masuk Pantai Nglambor untuk satu orang hanya Rp 6.000 saja, dimana kamu bisa bermain air dan mengagumi keindahan laut.

Sedangkan untuk snorkeling tidak mahal, biayanya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 75.000, sudah termasuk peralatan lengkap.

17. Ledok Sambi

Ledok Sambi merupakan wisata alam Jogja yang bernuansa alam dan cocok untuk keluarga. Destinasi ini terletak di Desa Wisata Samba tepatnya di Jalan Kaliurang KM 20, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kawasan ini letaknya di tepi sungai atau lembah, sehingga kamu bisa piknik atau berkemah. Lembah Kali Kuning yang luas dengan persawahan, lahan pertanian, sungai, dan rerumputan yang masih hijau akan memanjakan kita. Ubu Lovers juga bisa menikmati pemandangan mountain view puncak Merapi.

Kabar baiknya, tiket masuk ke Ledok Sambi gratis. Namun, pihak administrasi wisata memahami bahwa mungkin ada tamu yang memilih untuk berdonasi dengan sukarela. Lalu harga sewa lahan bagi perorangan yang membawa perlengkapan berkemah sendiri sekitar Rp 40.000 per orang. Sedangkan menyewa tenda untuk berkemah dikenakan biaya Rp 150.000 per malam.

18. Mangrove Baros

Mangrove Baros menjadi salah satu wisata alam Jogja yang menawarkan pengalaman wisata maritime kano (perahu kecil). Lokasinya berada di Dusun Baros, Desa Tirto Argo, Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Dengan kano, Ubu Lovers akan menjelajahi mangrove di sungai. Disini kamu bisa menempuh jalur panjang dengan biaya Rp 50.000 yang jaraknya sekitar 2 km dan memakan waktu sekitar satu jam perjalanan. Sudah termasuk air minum dan mi instan.

wisata alam Jogja
(sumber/travelkompas)

Ada juga rute pendek yang memakan waktu sekitar setengah jam dan menempuh jarak 500 meter, dengan harga Rp 25.000. Selain danau, wisatawan juga akan disuguhi pemandangan persawahan yang hijau dan angin sepoi-sepoi yang memberikan pengalaman menyegarkan.

Liburan Nyaman dan Seru: Yuk Booking Ubu Villa

Itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata Jogja yang murah, asri, dan pastinya menarik untuk dikunjungi! Semoga tempat-tempat tersebut bisa menjadi referensi wisata healing kamu ya!

Setelah seharian mengeksplorasi, pastinya kamu membutuhkan tempat penginapan yang nyaman bukan? Tidak perlu khawatir, Ubu Lovers bisa menginap di Ubu Villa yang ada di kota Gudeg.

Terlebih harganya hemat kantong, ditunjang dengan berbagai fasilitas lengkap seperti balkon, kolam renang, AC, dapur, area tempat duduk, air panas, separate dining area dan masih banyak lagi.

Yuk, tunggu apalagi? Segera jelajahi wisata alam jogja dengan Ubu Villa sebagai penginapannya, dipastikan aman dan nyaman!

Tentang Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *