Home » Sejarah Taman Sari Yang Jarang Orang Ketahui

Sejarah taman sari yang jarang diketahui banyak orang akan kami jabarkan pada ulasan kali ini, mulai dari simbol pembangunan sampai fungsinya yang tersembunyi.

Taman Sari adalah sebuah situs bersejarah yang terletak di Yogyakarta, Jawa Tengah, yang dibangun pada abad ke-18 sebagai kompleks istana dan taman untuk sultan-sultan Mataram Islam saat itu.

Salah satu hal yang jarang diketahui adalah bahwa Taman Sari tidak hanya sebagai taman air yang indah, tetapi memiliki fungsi sebagai istana kedua.

Sultan Hamengkubuwono I, yang membangun Taman Sari pada tahun 1757, sering mengunjungi tempat ini untuk melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk sebagai tempat beristirahat dengan permaisuri dan putra-putri. 

Taman Sari memiliki beberapa bangunan yang memiliki arti sejarah, seperti Pesanggrahan Taman Sari yang awalnya sebagai pintu belakang, sekarang menjadi pintu depan utama untuk memasuki kawasan tersebut.

Penasaran dengan sejarah taman sari yang jarang diketahui banyak orang? Yuk simak informasi selengkapnya dibawah ini!

Sejarah Taman Sari yang Jarang Orang Ketahui

1. Dibangun sebagai Ucapan Terima Kasih

Taman Sari didirikan oleh Sultan Hamengkubuwono I sebagai tanda terima kasih kepada permaisuri atas kesetiaan dan dukungannya selama masa perjuangan melawan VOC.

2. Bukan sekedar Taman

Taman Sari bukan hanya taman biasa, namun juga kompleks peristirahatan, pemandian, dan tempat peribadatan bagi Sultan dan keluarganya.

3. Arsitektur yang unik

Perpaduan gaya Jawa dan Portugis menghasilkan arsitektur Taman Sari yang unik dan memukau. Bangunan-bangunannya mencerminkan kemegahan dan kejayaan Kesultanan Yogyakarta.

Sejarah Taman Sari
(sumber/grid)

4. Sistem Air yang Canggih

Taman Sari dilengkapi dengan sistem air yang canggih, termasuk saluran air bawah tanah, kolam, dan air mancur. Sistem ini menunjukkan kecanggihan teknologi pada masa itu.

5. Fungsi Tersembunyi

Taman Sari memiliki fungsi tersembunyi sebagai benteng pertahanan terakhir jika keraton diserang. Terowongan bawah tanah menghubungkan berbagai bagian kompleks untuk memudahkan evakuasi.

6. Legenda Goa Siluman

Konon, di Taman Sari terdapat Goa Siluman yang dihuni oleh makhluk gaib. Legenda ini menambah daya tarik mistis dan misterius tempat ini.

7. Pernah Terbengkalai

Setelah Sultan Hamengkubuwono II wafat, Taman Sari mulai terbengkalai dan tidak terawat. Baru pada tahun 1970-an, pemugaran besar-besaran dilakukan untuk mengembalikan kemegahannya.

8. Situs Warisan Dunia

Taman Sari diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995, karena nilai sejarah dan budayanya yang tinggi. Sejarah Taman Sari ini wajib kamu masukan bucket list!

9. Tempat Wisata Populer

Taman Sari menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Yogyakarta. Ubu lovers bisa menjelajahi kompleks taman, mempelajari sejarahnya, dan menikmati keindahan arsitekturnya.

10. Masih Banyak Misteri

Masih banyak misteri yang belum terungkap tentang Taman Sari. Penelitian dan ekskavasi terus dilakukan untuk menggali lebih banyak informasi tentang tempat bersejarah ini. Sejarah Taman Sari ini memang harus dipahami dengan baik!

Apa saja Fakta yang Jarang Diketahui Tentang Taman Sari?

Taman Sari Yogyakarta, lebih dikenal sebagai Taman Sari Keraton Yogyakarta, merupakan kompleks taman air bersejarah yang memesona. 

Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I, Taman Sari menyimpan banyak cerita dan fakta menarik yang jarang diketahui banyak orang. Berikut beberapa di antaranya:

1. Bukan Sekedar Pemandian

Taman Sari bukan hanya tempat pemandian, tetapi kompleks istana yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan, bersantai, dan hiburan bagi Sultan dan keluarganya.

Sejarah Taman Sari

Disini, terdapat berbagai bangunan dengan fungsi berbeda, seperti Gedung Utama, Pawon, Pesanggrahan, dan Kolam Graha Tirta.

2. Sistem Air yang Canggih

Taman Sari memiliki sistem air yang canggih untuk mengalirkan air dari Gunung Perewangan ke kompleks taman. Sistem ini memanfaatkan gravitasi dan saluran air bawah tanah yang rumit, menunjukkan kecanggihan teknologi pada masanya.

3. Peninggalan Bersejarah yang unik

Taman Sari memiliki banyak peninggalan bersejarah unik, seperti Sumur Gumuling, Panggung Krapyak, dan Gangsir Sumur. Setiap bangunan memiliki cerita dan makna tersendiri, mencerminkan budaya dan tradisi Jawa pada masa itu.

4. Mitos dan Legenda

Taman Sari diwarnai berbagai mitos dan legenda yang menarik, seperti legenda tentang lorong bawah tanah yang konon terhubung ke Pantai Selatan. Mitos-mitos ini menambah daya tarik dan misteri Taman Sari bagi para pengunjung.

5. Pemugaran dan Penghargaan

Taman Sari pernah mengalami kerusakan akibat gempa bumi pada tahun 1867. Berkat usaha pemugaran yang berkelanjutan, Taman Sari kembali berdiri megah dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995.

6. Keindahan Arsitektur

Taman Sari memadukan arsitektur Jawa dan Eropa dengan sempurna. Bangunan-bangunannya dihiasi dengan ukiran-ukiran indah dan ornamen yang mencerminkan kemegahan dan kejayaan Kesultanan Yogyakarta.

7. Pusat Kegiatan Budaya

Taman Sari bukan hanya tempat wisata sejarah, tetapi pusat kegiatan budaya. Di sini, sering diadakan berbagai acara budaya, seperti pertunjukan tari, musik tradisional, dan pameran seni.

8. Surga Fotografi

Taman Sari merupakan surga bagi para pecinta fotografi. Arsitektur unik, taman yang indah, dan suasana tenang menjadikannya tempat sempurna untuk mengabadikan momen spesial.

9. Akses Mudah dan Harga Terjangkau

Taman Sari terletak di pusat kota Yogyakarta dan mudah diakses dengan berbagai transportasi. Harga tiket masuknya pun tergolong murah, sehingga menjadikannya wisata yang ramah kantong.

10. Pengalaman yang Tak Terlupakan

Mengunjungi Taman Sari akan memberikan Ubu Lovers pengalaman yang tak terlupakan. Ubu Lovers akan merasakan atmosfer sejarah, budaya, dan keindahan arsitektur yang luar biasa.

Sejarah Taman Sari
(sumber/grid)

Taman Sari adalah bukti nyata kejayaan Kesultanan Yogyakarta dan menjadi salah satu ikon wisata di Indonesia. 

Apa Saja Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Taman Sari Yogyakarta?

Di Taman Sari Yogyakarta, beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain:

1. Berjalan-jalan mengelilingi Taman Sari

Wisatawan bisa menikmati suasana kuno dan sejarah yang masih terasa kuat di tempat ini. 

Terdapat berbagai bangunan dan sisa arsitektur yang masih berdiri kokoh di Taman Sari, seperti Gerbang Kenari, Gedong Sekawan, Kolam Umbul, Pasarean Ledok Sari, dan Sumur Gumuling.

2. Menjelajahi Sumur Gumuling

Sumur Gumuling adalah salah satu objek wisata yang paling populer di Taman Sari. 

Sumur ini dulunya digunakan sebagai tempat mandi bagi keluarga kerajaan. Sekarang, Sumur Gumuling dijadikan museum yang menampilkan sejarah, arsitektur, dan kebudayaan Jawa. 

Wisatawan bisa menjelajahi terowongan bawah tanah yang unik dan mengambil foto di tempat ini.

3. Berfoto dengan latar Kolam Air Taman Sari

Kolam Air Taman Sari adalah daya tarik utama disini. Dulunya adalah taman dan kompleks mandi kerajaan, raja beserta selir-selirnya, yang dibangun pada abad ke-18. 

Di sekitar kolam terdapat hiasan air mancur dan pot-pot tanaman. Jangan lupa untuk membawa kamera Ubu Lovers, karena banyak spot foto yang instagramable disini.

4. Wisata Belanja di Taman Sari

Selain bangunan-bangunan kuno, terdapat juga toko souvenir yang menjual berbagai barang – barang menarik, seperti kaos batik, batik tulis, dan berbagai jajanan khas Jogja, di kompleks Taman Sari Yogyakarta. Salah satu toko yang wajib Ubu Lovers kunjungi adalah Voice of Jogja.

5. Pemandian Umbul Pasiraman (Umbul Binangun)

Wisatawan bisa menikmati pemandian air yang indah di kompleks Taman Sari.

6. Pulo Kenongo

Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah di Pulo Kenongo, salah satu bagian dari Taman Sari.

7. Masjid Bawah Air

Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah di Masjid Bawah Air, salah satu bagian dari Taman Sari.

8. Gedhong Gapura Panggung

Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah di Gedhong Gapura Panggung, salah satu bagian dari Taman Sari. Bangunan ini berfungsi sebagai gerbang masuk utama untuk memasuki kompleks Taman Sari Yogyakarta.

9. Pulo Cemethi

Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah di Pulo Cemethi, salah satu bagian dari Taman Sari.

10. Bersepeda di sekitar Taman Sari

Wisatawan bisa menikmati berkeliling kampung dengan menggunakan sepeda di sekitar Taman Sari.

11. Belajar membatik atau melukis batik

Wisatawan bisa belajar membatik atau melukis batik di sekitar Taman Sari.

12. Berfoto di spot-spot cantik

Wisatawan bisa berfoto di spot-spot cantik yang ada di sekitar Taman Sari, terutama di area kolam.

13. Menyewa pemandu wisata

Wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Taman Sari lebih lanjut bisa menyewa pemandu wisata.

Bagaimana Taman Sari Yogyakarta Berubah dari waktu ke waktu?

Taman Sari Yogyakarta, kompleks istana air yang megah, sudah mengalami transformasi yang signifikan selama berabad-abad. 

Dari kejayaannya sebagai tempat peristirahatan dan pemandian para sultan hingga kondisinya saat ini sebagai destinasi wisata populer, Taman Sari sudah melalui berbagai fase dan perubahan.

1. Masa Kejayaan (Abad ke-18)

Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I di abad ke-18, Taman Sari menjadi simbol kemegahan dan kekuasaan Kesultanan Yogyakarta. 

Kompleks ini terdiri dari berbagai bangunan indah, seperti Masjid Pesanggrahan, Gua Pancoran, dan Kolam Garbha Giri. Taman Sari difungsikan sebagai tempat peristirahatan, pemandian, dan penyelenggaraan ritual bagi sultan dan keluarganya. 

Keindahan arsitekturnya yang memadukan gaya Jawa dan Eropa, serta sistem pengairan yang canggih, menjadikannya sebagai salah satu landmark penting di Yogyakarta.

2. Masa Penurunan (Abad ke-19 dan 20)

Memasuki abad ke-19 dan 20, kejayaan Taman Sari mulai memudar. Gempa bumi dan letusan Gunung Merapi pada tahun 1755 dan 1961 menyebabkan kerusakan parah pada beberapa bagian kompleks. 

Kekuasaan Kesultanan Yogyakarta pun berkurang, sehingga Taman Sari tidak lagi menjadi pusat kegiatan kerajaan. Sejarah Taman Sari memang harus dipahami dengan baik! 

3. Masa Pemulihan dan Pelestarian (Abad ke-20 hingga Sekarang)

Upaya pemulihan dan pelestarian Taman Sari dimulai pada abad ke-20. Pada tahun 1972, kompleks ini dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata

Berbagai program renovasi dan rekonstruksi dilakukan untuk mengembalikan kejayaan Taman Sari. Upaya ini membuahkan hasil, Taman Sari kembali menjadi ikon wisata Yogyakarta yang menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

4. Perubahan Fungsi dan Makna

Seiring waktu, fungsi Taman Sari pun mengalami perubahan. Dari yang awalnya sebagai tempat peristirahatan dan pemandian sultan, kini Taman Sari menjadi destinasi wisata edukasi dan budaya. 

Ubu lovers bisa mempelajari sejarah Kesultanan Yogyakarta, arsitektur tradisional Jawa, dan sistem pengairan yang canggih. Taman Sari menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara budaya, seperti pertunjukan tari dan musik tradisional.

5. Tantangan dan Peluang di Masa Depan

Meskipun sudah mengalami banyak perubahan, Taman Sari tetaplah menjadi situs bersejarah dan budaya yang penting bagi Yogyakarta. 

Upaya pelestarian dan pengembangan Taman Sari terus dilakukan untuk menjaga kelestariannya dan menjadikannya sebagai aset budaya yang berharga. 

Tantangan seperti kerusakan akibat gempa dan perubahan iklim perlu dihadapi dengan solusi yang tepat. Di sisi lain, Taman Sari memiliki peluang besar untuk terus berkembang sebagai destinasi wisata edukasi dan budaya yang menarik dan informatif.

Perjalanan Taman Sari Yogyakarta dari masa kejayaan hingga saat ini merupakan cerminan dari dinamika sejarah dan budaya Yogyakarta. Transformasi yang dialaminya menunjukkan kemampuannya untuk beradaptasi dengan perubahan zaman dan tetap relevan bagi masyarakat. 

Di masa depan, Taman Sari diharapkan bisa terus berkembang sebagai situs bersejarah dan budaya yang berharga, serta menjadi sumber inspirasi bagi generasi mendatang.

Wisata Boleh Ke Mana Aja, Staycation di Ubu Villa Aja!

Menginap di Ubu Villa Jogja memberimu keuntungan utama untuk mendapatkan momen foto yang menawan dan instagramable. Villa ini dirancang secara apik dengan ornamen dan latar belakang yang memukau, sempurna untuk mengabadikan momen liburan ubu Lovers dalam jepretan kamera.

Selain itu, Ubu Lovers akan menikmati tinggal di lingkungan yang asri dan nyaman dengan fasilitas lengkap untuk memanjakan diri. Dengan lokasinya yang strategis di pusat kota Jogja, Ubu Villa menjadi tempat ideal untuk menjelajahi kekayaan budaya dan pesona alam yang ditawarkan kota istimewa ini, sembari mengabadikan momen indah dalam feed Instagram.

Itu dia informasi mengenai sejarah Taman Sari yang jarang diketahui banyak orang, semoga bermanfaat, ya!

Tentang Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *